ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEMAYORAN 1/24

Isi Artikel Utama

M. Nur Afifudin Dwi Maulana
Dwi Sukmawati
Dya Qurotul 'Ayun
Priyono Tri Febrianto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kemayoran I/24 melalui penggunaan media pembelajaran bangun ruang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang seperti kubus dan balok, serta terbatasnya media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, serta pretest dan posttest. Penelitian melibatkan 28 siswa, dengan 22 siswa mendapatkan perlakuan menggunakan media pembelajaran, dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 36,7, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 57,3. Peningkatan sebesar 20,6 poin ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dan kreatif untuk mendukung proses pembelajaran matematika yang lebih efektif dan menarik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maulana, M. Nur Afifudin Dwi, Dwi Sukmawati, Dya Qurotul ’Ayun, dan Priyono Tri Febrianto. “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEMAYORAN 1/24”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4489–4496. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3359.
Bagian
Artikel

Referensi

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, A. M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Hasibuan, E. K. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 12 BANDUNG. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Sara, J. A., & Danawak, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 3(1), 240–247. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/200

Sari, K. P., & Firman, F. (2023). Analisis Efektivitas Lembar Kerja dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa SD. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(2), 34–36. https://doi.org/10.69688/jpip.v1i2.12

Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227

Sinaga, D. (2023). Buku Ajar Metodelogi Penelitian (Penelitian Kualitatfi).

Siswa, T., Iii, K., & Singkawang, S. D. N. (2024). 3 1,2,3. 09. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15001

Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 95. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.219

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama