KELAYAKAN BAHAN AJAR MARGIN (MAJALAH ENERGI KINETIK) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MADURA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Bina Roosita
Isna Ida Mardiyana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk pengembangan bahan ajar majalah yang terintegrasi dengan kearifan lokal Madura pada materi energi kinetik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), penelitian ini hanya mencapai tahap develop bagian validitas. Subjek coba meliputi subjek ujicoba ahli yaitu validator ahli bahan ajar, validator materi, dan validator ahli desain pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dan angket menggunakan instrument berupa lembar wawancara, dan lembar angket. Hasil validasi terhadap produk menunjukkan produk pengembangan majalah Margin yang terintegrasi kearifan local Madura dinyatakan sangat valid dengan presentase rata-rata 92,3% berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil validasi materi menunjukkan presentase 84%, hasil validasi bahan ajar menunjukkan angka 95%, dan hasil validasi desain pembelajaran menunjukkan angka 98%, yang mana setiap masing-masing validasi menunjukkan kriteria sangat valid. Dengan demikian bahan ajar majalah Margin yang terintegrasi dengan kearifan lokal ini dapat dinyatakan layak sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Roosita, Bina, dan Isna Ida Mardiyana. “KELAYAKAN BAHAN AJAR MARGIN (MAJALAH ENERGI KINETIK) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MADURA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 396–403. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2574.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

BSKAP. (2022). Pembelajaran dan Asesmen. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf

Damayanty, S., Purwoko, R. Y., & Ngazizah, N. (2024). PENGEMBANGAN MAJALAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SEKOLAH DASAR. Journal Binagogil, 11(1), 231–238. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd

Fadhilah, Rahmi. , et al. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Tanaman Hias Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD. EJT (Educational Technology Journal), 2(2), 29–37.

Kosasih. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. PT Bumi Aksara.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Auladuna, 5(1), 1–12. https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index.

Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024. (2024). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711507788_manage_file.pdf

Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika Ke-3. https://www.neliti.com/id/publications/173237/pembelajaran-sains-berbasis-kearifan-lokal#cite

Pratiwi, N., Gardjito, & Hamidah, A. (2017). Pengambangan Majalah Biologi sebagai Media Pembelajaran pada pokok bahasan protist akelas X MIA di SMA N 7 Kota Jambi. Biodik, 3(1), 27–34.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Saputri, K. D. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis kearifan lokal kabupaten lamongan pada tema Pengembangan E-LKPD berbasis kearifan lokal kabupaten lamongan pada tema 8 subtema 3 kelas IV MI Al-Mubarok Tlogoretno8 subtema 3 kelas IV MI Al-Mubarok Tlogoretno. Universitas Trunojoyo Madura.

Sundari. (2020). Pemanfaatan Softfile Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Selama PJJ. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 174–181. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/26467

Thiagarajan, Semmel, & Semmel. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Indiana University.