PENGARUH MODEL PjBL BERBANTU MEDIA MOBITAN (MOBIL BERTENAGA ANGIN) PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi “Transformasi Energi” berbantu media mobil bertenaga angin di kelas IV B SD Negeri Sendangmulyo 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Negeri Sendangmulyo 02. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, dan 2)Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi transformasi energi peserta didik kelas IV B. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari analisis nilai pretest dan posttest yang dilakukan menggunakan uji statistik Paired Samples t-test dengan perangkat SPSS versi 30. Dari hasil pengujian, diperoleh nilai signifikan (two-sided p) sebesar <0,001, atau kurang dari 0,05 (5%). Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik pada sebelum dilakukan pembelajaran dan setelah dilakukan pembeajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amsikan, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1).
Anggraini, D. P., Saputri, D. A., Ukhriyah, A., Wijayanti, N. T., Silvian, L. B., Suryanti, S., ... & Damayanti, M. I. (2022). Implementasi Model PJBL Berbasis Steam pada Kelas IV SD: Mobil Bertenaga Angin. J-SES: Journal of Science, Education and Studies, 1(2).
Anisa, Windi Nur, Fajar Cahyadi, and Intan Rahmawati. "Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04." Jurnal Wawasan Pendidikan 3.1 (2023): 427-439.
Beckett, G. H., & Slater, T. (2018). Project‐based learning and technology. The TESOL encyclopedia of English language teaching, 1-7.
Bolaji, O. A. (2012). Intergrating enterpreneurship education into science education: Science teachers perspectives. Journal of Science, Technology, Mathematics and Education, 8(3), 181-187.
Chyntia Dewi, Ni Pt, dkk. 2017 “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10738/6844.(dia kses tanggal 11 Desember 2024)
Indraswati, D., Fauzi, A., Jiwandono, I. S., & Rahmatih, A. N. (2022). Efektivitas Model TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 15(1), 1-12.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.
Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128.
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183-193.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.
Soleh, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran project based learning melalui google classroom dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143.
Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect size model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara