PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C SDN SENDANGMULYO 02

Isi Artikel Utama

Salsabila Inestia
Husni Wakhyudin

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Rendahnya pengetahuan dasar siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan literasi numeric dalam kehidupan sehari-hari turut berkontribusi terhadap rendahnya pencapaian hasil belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa serta mengidentifikasi pengaruh penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan di kelas IV C SD Negeri Sendangmulyo 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV C SD Negeri Sendangmulyo 02. Instrumen yang dipakai dalam penelitian meliputi: 1) Observasi dan 2) Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan. Peningkatan tersebut dibuktikan melalui analisis nilai pretest dan posttest yang diolah menggunakan uji statistik Paired Samples t-test dengan bantuan perangkat SPSS. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi (two-sided p) sebesar <0,000, yang lebih kecil dari 0,05 (5%). Temuan ini mengindikasikan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Inestia, Salsabila, dan Husni Wakhyudin. “PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C SDN SENDANGMULYO 02”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1141–1149. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2702.
Bagian
Artikel

Referensi

Amsikan, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1).

Anisa, Windi Nur, Fajar Cahyadi, and Intan Rahmawati. "Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04." Jurnal Wawasan Pendidikan 3.1 (2023): 427-439.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Na. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407– 12418.

Dasar, D. S. (2020). Asesmen Diagnostik. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD Dikdas Dan Dikmen, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/asesmen-diagnosti

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414–420.

Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran ipa pada masa pandemi covid-19 di smp/mts wilayah menganti, gresik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 165–170.

Indraswati, D., Fauzi, A., Jiwandono, I. S., & Rahmatih, A. N. (2022). Efektivitas Model TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 15(1), 1-12.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–74.

Komalasari, M. D. (2023). Pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 27–32.

Moye, J. N. (2019). Learning Differentiated Curriculum Design in Higher Education. Emerald Group Publishing.

Muchson, M., Damayanti, S., Kusumaningtyas, D., Widayani, L. R., & Amelia, L. (2023). Perbandingan Hasil Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Asesmen Pada Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Sma Islam As-Syafi’ah Dan Sma Pomosda Nganjuk). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS), 7(1), 112–116.

Ningrum, M., Magfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL BIDAYAH Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level ( TARL ) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Narrative Text di Kelas X . IPK . 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419–12433

Rahmayanti, S. M., Hadi, F. R., & Suryanti, L. (2023). Penerapan model pembelajaran PBL menggunakan pendekatan TaRL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4545– 4557.

Ritonga, M. (2018). Politik dan dinamika kebijakan perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia hingga masa Reformasi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Rosyidah, A. N. K., Husniati, Widodo, arif, & Khair, B. N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education, 5(1), 53–58. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 351–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.

WebsisForEdu. (2021). Pentingya Guru Kenali Karakteristik Siswa. Websis.Co.Id

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241–250.