ANALISIS MINAT MEMBACA KRITIS BAGI MAHASISWA PPG PGSD PRAJABATAN DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN CRITICAL READING INTENTION SCALE (CRIS)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana tingkatan minat membaca kritis mahasiswa PPG PGSD Prajabatan Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kampus PPG Universitas Riau dengan melibatkan 208 sampel penelitian yaitu mahasiswa aktif PPG PGSD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapaun teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghitung persentase data dari setiap indikator, kemudian menginterpretasi skor persentase data dan menganalisis setiap indikatornya secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat membaca kritis mahasiswa PPG PGSD Prajabatan Universitas Riau adalah 95,43% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi berbagai pihak dalam tingkat minat membaca kritis di Universitas Riau, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan tingkat minat membaca kritis mahasiswa dalam persiapan menjadi calon guru.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahuja, P. & G. C. Ahuja. 2010. How to Read Effectively and Efficiently. Diterjemahkan oleh Tina Martiani. Bandung: Penerbit Kiblat.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behaviour and Human Devision Processes, 50(2), 179–211. doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anuar, N., Muhammad, A. M., & Awang, Z. (2023). Development and Validation of Critical Reading Intention Scale (CRIS) for University Students using Exploratory and Confirmatory Factor Analysis. Asian Journal of University Education (AJUE), 19(1), 39-52.
Arifin, S. (2020). The role of critical reading to promote students’ critical thinking and reading comprehension. Pendidikan dan Pengajaran, 53(3), 318–326. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.29210
Armitage, C. J., & Conner, M. (2001). Efficacy of the theory of planned behaviour: A meta‐analytic review. British Journal of Social Psychology, 40(4), 471–499. doi: 10.1348/014466601164939
Dalman, (2014). Keterampilan Membaca, cet. II; Jakarta : Rajawali Pers, hal. 141
Dorothy U. Seyler, Read, Reason, Write: An Argument Text and Reader, 8th edition, (New York: McGraw-Hill, 2008), h. 33-34.
Facione, P.A. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations Prepared for the Committee on Pre-College Philosophy of the American Philosophical Association. Fullerton: California State University.
Facione, P.A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts (Fifth Edition). California: Measurement Reason LCC and Insight Assessment.
Facione, P.A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts (Sixth Edition). California: Measurement Reason LCC and Insight Assessment.
Fearnley, M., Malay, C., and Fabia, J. N. (2022). Factors Affecting Student Satisfaction, Perceived Learning and Academic Performance in an Emergency Online Science Course. International Journal of Information and Education Technology, 12(12), 1354- 1362. doi: 10.18178/ijiet.2022.12.12.1759.
F Nur,”Hubungan antara Minat Baca Siswa dengan Kelengkapan Sarana Perpustakaan”, Skripsi ( Malang: Fak. Sastra UN Malang, 2012), h. 40
Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know What toLearn ( KWL ) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Temanggung. Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/iji.2018.1129a
Khan, B. (2005). Managing E;learning: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Hershey, PA: Information Science Publishing
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca 1.
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., and Koole, M. (2020). Online university teaching during and after the COVID-19 crisis: Refocusing teacher presence and learning activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945.
Riadi, B. (2015). Kemampuan Membaca Kritis dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bahasa dan Sastra, 16(2), 137–144.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfa Beta
Rohmadi, M. (2008). Teori Dan Aplikasi Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi (1 ed.). Surakarta UNS Press. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?
Sugiono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sultan. (2018). Membaca Kritis (Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Yogyakarta: Baskara Media.
Tolma, E. L., Reininger, B. M., Evans, A., & Ureda, J. (2006). Examining the theory of plannedbehavior and the construct of self-efficacy to predict mammography intention. Health Education and Behavior, 33(2), 233–251. doi: 10.1177/1090198105277393
Wagner, T.(2010). Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University