PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Mila Rahimah
Zufriady Zufriady
Eva Astuti Mulyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangan media big book berbasis kearifan lokal sebagai alat pendukung pembelajaran keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 192 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kualitas, proses, dan efektivitas pengembangan media big book dalam pembelajaran membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian Research and Development (R&D). dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate. Media big book yang dikembangkan diujicobakan kepada 5 orang siswa secara skala kecil dan 20 siswa secara skala luas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian hasil validasi ahli diperoleh 92,28% dengan kategori sangat valid. Dari hasil uji coba angket pada skala kecil rata-rata  89,99% dan uji coba lapangan rata-rata 86,52% dengan  kategori sangat baik. Untuk keterampilan membaca permulaan pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 80% dengan nilai N-gain keseluruhan 72% kategori tinggi, sedangkan uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata 84,84% dengan nilai N-gain keseluruhan 70,60 kategori sedang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahimah, Mila, Zufriady Zufriady, dan Eva Astuti Mulyani. “PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1090–1103. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2715.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, A., Annisa, N., & Rahman, R. (2022). Penggunaan Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.400

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Dewi, L. P. R., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10995

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. 5(September), 16–31

Usaid. 2014. Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik. Jakarta: Usaid.

Rulfiariani, N., & Sukidi, M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Menulis Eksposisi Siswa Kelas III SDN Wiyung I/453 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Sukirno. (2009). Sistem Membaca Pemahaman yang Efektif. UMP Press.

Solehuddin, M dkk. 2008. Pembaharuan Pendidikan di TK. Jakarta:Universitas Terbuka

Usaid. 2014. Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik. Jakarta: Usaid.