IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SDN SENDANGMULYO 02 KOTA SEMARANG

Isi Artikel Utama

Desyana Ajeng Safitri
Khusnul Fajriyah

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada peserta didik terutama di SD dalam pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai upaya membangun karakter dan wawasan kebangsaan sejak dini . Penerapan model Problem Based Learning (PBL) diharapkan mampu mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan bernalar kritis yang dialami oleh peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) atau biasa disebut mix methode . Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berbentuk uraian bernalar kritis. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengukur peningkatan kemampuan bernalar kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan bernalar kritis peserta didik. Temuan ini didukung oleh hasil uji T paired samples t-test, dimana nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata- rata kemampuan bernalar kritis sebelum dan setelah penerapan Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas III jenjang sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ajeng Safitri, Desyana, dan Khusnul Fajriyah. “IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SDN SENDANGMULYO 02 KOTA SEMARANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1279–1284. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2726.
Bagian
Artikel

Referensi

Asrifah, S., & Arif, A. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05”. In index Buana Pendidikan (Vol. 16, Issue 30). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/

Hamdalia Herzon, H., & Hari Utomo, D. (2017). “Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis”. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Kemdikbudristek. (2022). Keputusan Kemdikbudristek Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka (Issue 021).

Kemdikbudristek. (2022). Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek No. 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Laela, N. I., Indah Prasetyianingtyas, K., et al. (2023). “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pancasila Dalam Kehidupan Di Kelas V Sekolah Dasar”. 17(2). https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19284

Nisa, K., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD”. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.

Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2024). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 8(2), 1286–1297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7360

Rachmad, Y. E., Rahman, A., & Judijanto, L. (2024). Integrasi Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan Praktis Penelitian Campuran (Efitra & Rianty Erfina, Eds.). PT. Green Pustaka Indonesia.

Rachmawati, W., Lorenza, D. M., & Hastuti, N. W. (n.d.). “Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Merawat NKRI Dengan Persatuan Dan Kesatuan Berbantuan Media Interaktif Wordwall Disekolah Dasar”.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas (J. Sutrisno, Ed.). Garudhawaca.