EFEKTIVITAS PJBL BERBASIS DIFERENSIASI PRODUK DAN PENDEKATAN CRT-TARL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5C DI SD NEGERI SENDANGMULYO 2 SEMARANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri Sendangmulyo 2 Semarang, khususnya di kelas 5C, menghadapi tantangan berupa disparitas kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengkaji penerapan model Project-Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan pendekatan Culturally Relevant Teaching (CRT), Teaching at the Right Level (TaRL), dan diferensiasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan desain kuantitatif berupa one-group pretest-posttest design pada 27 siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan perhitungan N-Gain. Pendekatan kualitatif melibatkan wawancara mendalam dengan siswa dan guru untuk menggali pengalaman dan persepsi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan p-value sebesar 0,000 dan |t hitung| sebesar 6,829, yang lebih besar dari t tabel 2,056. Analisis deskriptif menunjukkan peningkatan nilai rata-rata posttest dibandingkan pretest, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,3647 yang berada pada kategori sedang. Wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa lebih antusias dan termotivasi, sementara guru melaporkan bahwa pendekatan ini memudahkan mereka memberikan perhatian kepada siswa dengan kebutuhan khusus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi PjBL, CRT, dan TaRL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang relevan, inklusif, dan adaptif. Peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan ini secara lebih luas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar. Selain itu, perlu dilakukan pendampingan intensif bagi siswa dengan kemampuan rendah agar manfaat pembelajaran dapat dirasakan secara merata.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL Dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Chiang, C.-L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.779
Dewi, L. N. G. A. (2024). The Project-Based Learning Assessment Guide (Project-Based Learning) Is Oriented Towards Phenomenon-Based Learning. Journal of Education Research and Evaluation, 8(2), 362–372. https://doi.org/10.23887/jere.v8i2.74594
Dogara, G., Saud, M., Kamin, Y., & Nordin, M. S. (2020). Project-Based Learning Conceptual Framework for Integrating Soft Skills Among Students of Technical Colleges. Ieee Access, 8, 83718–83727. https://doi.org/10.1109/access.2020.2992092
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. Bada a Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Hamdani. (2023). Analysis of Writing Patterns of Letters O, D, and Y as Considerations for the Criteria of Developing Indonesian Language Teaching Materials. Studies in Learning and Teaching, 4(3), 586–600. https://doi.org/10.46627/silet.v4i3.300
Marta, R. (2024). Innovative Learning Strategies:Project-Based Learning Model for Excelling in Visual Programming. Tem Journal, 581–598. https://doi.org/10.18421/tem131-61
Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535
Syarifah, E. F., & Emiliasari, R. N. (2019). Project-Based Learning to Develop Students’ Ability and Creativity in Writing Narrative Story. Indonesian Efl Journal, 5(1), 85. https://doi.org/10.25134/ieflj.v5i1.1627
Usmeldi, U., & Amini, R. (2022). Creative Project-Based Learning Model to Increase Creativity of Vocational High School Students. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 11(4), 2155. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.21214
Yantoro. (2024). Development of an Integrated Teaching Module for TaRL Approach Based on Differentiated Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 10(12), 10178–10187. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.9166
Zahra, K. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik. Alacrity Journal of Education, 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248