MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I tahap pretes dengan persentase 9,1% pada kategori sangat rendah dan tahap postes dengan persentase 27,3% dengan kategori rendah. Sedangkan hasil siklus II tahap pretes siswa dipresentasekan 54,5% dengan kategori sedang, kemudian pada postes mengalami peningkatan hasil belajar siswa dengan presentase 81,8% kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media konkret kelas IV di Sekolah Dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Luh, N., Devi, K., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 354–362.
Misykah, Z., & Panggabean, S. (2022). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Nurul Fathimiyah Bandar Klippa Tahun Ajaran 2021/2022. 9, 356–363.
Putri, T.P., Indarini, E. (2023). Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Educatio, 9(3), 1220–1227. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5336
Raherka, S., Panjaitan, M., & Manalu, E. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL ) Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar. 06(01), 5155–5164.
Rahmawati, T. (2018). 2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs, 2(1), 12–20.
Rasyidah, S. N. . ddk. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 09(02), 1888–1902.