PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI PENDEKATAN TARL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IVA SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 28 siswa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data mencakup tes kognitif, wawancara, angket, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Normalitas, uji T-Test, serta uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji T-Test dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai uji N-Gain sebesar 0,49 yang berada dalam kategori sedang. Strategi pembelajaran PBL-TaRL berhasil memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan cara mengelompokkan mereka berdasarkan kemampuan, yaitu fast learner, regular learner, dan slow learner. Pendekatan ini membantu siswa memecahkan masalah secara mandiri, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan tanggung jawab dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
As’ad, M., & Kuryani, N. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Kejuruan, 7(1), 1273–1280.
Edizon, & Maharani Zan, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18939–18949.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Kalalo, M. P. E., Palilingan, V. R., & Wonggo, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(April), 172–181.
Mardhiyah, H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mulyani, R. E., Masfingatin, T., & Suparwati, A. (2024). Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1589–1604.
Nainggolan, E., Kusumo, G., Purnami, S. H., & Dharma, U. S. (2024). Implementasi Problem Based Learning Terintegrasi TaRL terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. 8(2), 193–214. https://doi.org/10.29240/jpd.v8i2.11038
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pe%0Andipa94%0A
Pratiwi, F. E., Afriatun, A., & Kusuma, A. B. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165–174.
Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 17 Pare-Pare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 2830–0866. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/%0Agpp
Rudi Hartono, I Wayan Suastra, & I Wayan Lasmawan. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Melestarikan Budaya Nusantara. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 823–828. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.356
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Alfabeta.
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103.
Wardani, R., Susanti, D., & Fitriana, L. (2024). Hasil Belajar Individual dengan IPAS. Jurnal Pendidikan IPA, 42(5), 691–706.
Zhang, Y., & Duffy, T. (2021). Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 113(3), 412–423.