HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Marisa Puspa Hanan
Gustimal Witri
Dede Permana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat self-efficacy dan kemampuan membaca pemahaman siswa, serta mengidentifikasi hubungan antara keduanya pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V di SDN 147 Pekanbaru, dengan 66 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk mengukur self-efficacy dan tes untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada dalam kategori baik. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dan kemampuan membaca pemahaman siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,420 dan tergolong dalam kategori sedang. Self-efficacy berkontribusi sebesar 18% terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin baik pula kemampuan membaca pemahaman mereka.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hanan, Marisa Puspa, Gustimal Witri, dan Dede Permana. “HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2047–2056. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2750.
Bagian
Artikel

Referensi

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Cici Ratika Syafitri, & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Diri, Menanamkan Efikasi Emosi, Kestabilan (Nomor 55). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Florina, S., & Zagoto, L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal JRPP Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 386–391.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 2355–1925.

Hindasyah, H., Wikanengsih, & Yuliani, W. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(4), 124–136.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, & Baharuddin. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia.

Kristiyani, T. (2016). Self-regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. In Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. Sanata Dharma University Press.

Mulyani, E. A., Kasdianti, A., Ain, S. Q., Alim, J. A., Sari, I. K., & Alpusari, M. (2020). Correlation between Elementary School Students’ Mathematics Self-Efficacy and Motivation. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 3(1), 88–94. https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7831

Nurbaya, S. (2019). Teori dan Taksonomi Membaca. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. WADE GROUP.

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99–109. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Walidaini, M. (2020). Self-Efficacy In Relation To Students’ Reading Comprehension. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(4), 28–37.

Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian; Plus Tutorial SPSS. Innosain.