PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PMRI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH KELAS II SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan pendekatan berbasis Pendidikan Matematiika Realistik Indonesia pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas II sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas lembar kerja peserta didik memperoleh kategori sangat valid. Kriteria sangat valid diperoleh dari penilaian oleh 3 validator dalam bidang materi, media, dan bahasa. Ahli materi memperoleh persentase 94.4%. Ahli media memperoleh persentase sebesar 92.3%. Ahli bahasa memperoleh persentase 83.3%. (2) Kriteria kepraktisan diperoleh dari penilaian guru dan siswa kelas 2 SD. Hasil kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 94.2%. Hasil kepraktisan oleh siswa pada uji coba small group memperoleh persentase 89.3%. Berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan di Sekolah Dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amiruddin, Hasim, M., & Irfan, A. M. (2020). Pkm guru pamong dan mahasiswa kkn ppl terpadu pembelajaran berbasis merdeka belajar dalam situasi pandemi covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1097–1105.
Fauziah, I. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Dasar Berbasis Perkembangan Intelektual. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.113
Ginantara, A., & Aguss, R. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Permainan Bola Besar Sebagai Sumber Belajar Di Sma Negeri 1 Trimurjo. Journal Of Physical Education, 3(2), 26–33. https://doi.org/10.33365/joupe.v3i2.2077
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Harefa, N. A. J., & Laoli, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 981–992. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3063
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (1st ed., Issue 112). Rajawali Pers.
Khasanah, N. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik SMP. 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Oktavia, L. dkk. (2024). Pengembangan lkpd berbasis rme dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 97–106.
Paiza, P., Lusiana, L., & Syahbana, A. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis PMRI Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding …, November, 152–160. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8287%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/8287/5814
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6, 903–913.
Putri, D. I. R., Istiningsih, S., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 130–140. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.420
Riza, N., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Vos Viewer. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 114–118. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/3569%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/download/3569/871
Rohmah, S.N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD PRESS.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/preprints/
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyastika, D., & Wahyuni, N. (2022). Pengembangan Penilaian Sikap Ilmiah Berbasis Inkuiri Berorientasi Pendidikan Karakter Siswa pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9402–9409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4087
Yani, R. P. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas V SD/MI. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).
Zulainy, F., Rusdi, R., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 812–828. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.440