EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1A SDN TAMBAKREJO 01

Isi Artikel Utama

Latifah Nur Baeti
Arfilia Wijayanti
Ika Susianingsih

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi pendekatan pembelajaran diferensiasi dan keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika. Pendekatan pembelajaran diferensiasi yang digunakan diantaranya TaRL (Teaching at The Right Level), CRT (Culturally Responsive Teaching), dan DAP (Developmentally Appropriate Practice). Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi yang paling efektif dan memperoleh rata-rata hasil belajar paling tinggi adalah saat menggunakan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) sebesar 81,8 dengan persentase 75% siswa yang telah memenuhi KKTP dari keseluruhannya. Simpulan pada penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran diferensiasi CRT (Culturally Responsive Teaching) merupakan pendekatan pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1A SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang pada muatan pelajaran matematikan materi pengurangan bilangan 1-20.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Baeti, Latifah Nur, Arfilia Wijayanti, dan Ika Susianingsih. “EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1A SDN TAMBAKREJO 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 508–515. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2757.
Bagian
Artikel

Referensi

’Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. As-Sabiqun, 6(2), 312–324. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558

Efendy, M., & Haque, S. A. U. (2022). Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.

Enjelina, F. R., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD mempengaruhi hasil belajar siswa. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama

Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1885–1897. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7570

Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650

Fitriani, R., Untari, M. F. A., & Jannah, F. M. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 11916–11924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7529

Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592

Justan, R., & Aziz, A. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263.

Nasution, Hakim, F., Syahran Jailani, M., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251–256. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas V Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 8(1), 171. https://doi.org/10.24114/js.v8i1.55063

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Implementasi Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Puspita Arum, F., Sulianto, J., & Wijayanti, A. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di SD Islam Al Madina Semarang. Journal Of Social Science Research, 4, 4544–4552.

Rosyah, D. & P. D. (2023). ANALISIS RELEVANSI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DENGAN KONSEP VISI PEDAGOGIK KI HAJAR DEWANTARA. 3(9). https://doi.org/10.17977/um066.v3.i9.2023.5

Setyaji, A., Sukmaningrum, R., Hawa, F., & Susanto, D. A. (2024). Pembelajaran Berbasis DAP (Developmentally Appropriate Practices) bagi Guru-Guru SD Negeri Jatingaleh 01 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarkat (SNIIP), 7(2), 809–820.

Suardi, N. F. (2025). Peningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Pendekatan Culture Responsive Teaching ( CRT ) pada Siswa SD Telkom Makassar Pendahuluan. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 7.

Waruwu, M. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Yhunanda, Y., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Strategi Pembelajaran Guru yang Efektif dalam Perspektif Prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) di Sekolah Dasar : Literature Riview. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 235–242. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4436

Zulvyanti, R., & Mas’ula, S. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas 3 Sdn Sawojajar 5. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan …, 4(5). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.14