EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Nur Ulfainna
Muhmmad Tasnim Mulk
Andi Nurizza
Satriani Satriani
Abrar Abira
Tahmid Madjid

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana media puzzle dapat meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep pecahan. Metode yang digunakan adalah Literature Review, yang melibatkan analisis berbagai penelitian terdahulu. Proses seleksi literatur reviuw dilakukan dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi untuk memastikan hanya studi relevan yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2024 yang dianalisis. Data dari literatur tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle memiliki efektivitas rata-rata sebesar 88,84% dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan. Selain itu, media ini mampu mendorong keterlibatan siswa secara aktif, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Namun, penerapannya menghadapi beberapa tantangan, seperti waktu persiapan yang lebih lama dibandingkan metode konvensional dan kebutuhan akan dukungan tambahan bagi siswa dengan kemampuan yang lebih rendah. Media puzzle terbukti menjadi alat pembelajaran inovatif yang sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pecahan. Walaupun terdapat kendala, kontribusinya yang positif terhadap hasil belajar menunjukkan potensi besar untuk diterapkan lebih luas dalam pendidikan sekolah dasar.


Kata Kunci:  Media Puzzle, Pecahan, Matematika

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfainna, Nur, Muhmmad Tasnim Mulk, Andi Nurizza, Satriani Satriani, Abrar Abira, dan Tahmid Madjid. “EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 540–548. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2789.
Bagian
Artikel

Referensi

Alwi, M., & Kudsiah, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary, 3(2), 102-106.

Anggraeni, P., Sunendar, D., Maftuh, B., Sopandi, W., & Puspita, R. D. (2022). Why 6 Cs ? The Urgency of Learning at Elementary School. International Conference on Educational Development and Quality Assurance(ICED-QA4),650,35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.220303.008

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12.

Frasandy, R. N., & Septikasari, R. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112-122.

Leufumonay, S. (2022). Penerapan Model Games Based Learning dengan Menggunakan Media Puzzle dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Doctoral Dissertation IAIN Ambon: tidak diterbitkan.

Muntheawati, N., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(8), 376-383. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/jim/article/view/389/334

Nisem, N. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1).

Oktaviani, Y., Syarifuddin, & Hartati, M. (2024). Penggunaan Media Puzzle untuk Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 di SDN 208 Palembang. Cendekiawan, 6(1), 61-71. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v6i1.444

Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2).

Udoyoso, B. dan Murti, R.C. (2018). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kemendikbud Dirjen GTK

Wulansari, W., Anggraeni, P., & Kusnandar, N. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan melalui Media Puzzle Pecahan. SAEE-Sebelas April Elementary Education, 2(3), 297-308.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama