MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED (PBL)

Isi Artikel Utama

Risna Risna
Husnul Hatimah
Uswatul Khasanah
Alini Alini
Abrar Abira
Tahmid Madjid

Abstrak

This study aims to activate the effectiveness of the problem-based learning model (PBL) in omproving learning motivation. The method used is a literature study by analyzing six relevant national journals. The results of the study indicate that PBL has appositive effect on improving student motivation. This is evidenced by the increase in learning achievement scores with high enthusiasm from students is undergoing the learning process. PBL not only increases learning motivation nut also student lerning outcomes because mastery of the material is more significant. PBL also succeeded in improving students cricital thinking and problem-solving skills as well as their ability to collaborate. It can be concluded thet PBL has proven to be an efeective approach to creating relevant, enjoyable, and applicable learning. This method is able to prepare students to face real-world problems by improving the overall quality of learning.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Risna, Risna, Husnul Hatimah, Uswatul Khasanah, Alini Alini, Abrar Abira, dan Tahmid Madjid. “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED (PBL)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 549–554. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2803.
Bagian
Artikel

Referensi

Asiah, M. R., Fathurrohman, M., Yuhana, Y., & Muhyidin, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Pengurangan pada Siswa Kelas 1 SDN Jalupang. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 243-252.

Andesta, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika peserta didik di Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arief, H. S., Maulana, M., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150.

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35.

Fiqih, A. R., & Dewi, R. A. K. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 34-48.

Handayani, L. (2020). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning pada masa pandemi covid-19 bagi siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.

Okayana, K. (2016). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat tahun pelajaran 2015/2016.

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 95-102.

Siregar, L. N. K., Aulia, N. D., Pasaribu, S., Siregar, A., Adristi, A. S., Siregar, P. N. R., & Fadilla, S. (2024). Implementasi Metode Problem-Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Matematika Di SD Pelangi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(1), 132-139.

Windasari, D. M., Rahim, A., & Deniarti, W. (2024, August). Meningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Kelas IIC. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 17-24).

YUNINA, Y. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 1 CIKARANG BARAT. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(4), 5

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama