ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS BLENDED LEARNING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogoik guru dalam tiga aspek (mendesain, mengimplementasikan dan mengevaluasi) pembelajaran blended learning. Penelitian kualitatif naturalistik ini melibatkan dua guru kelas 5 di MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02, Salatiga, sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas melalui dua teknik, yaitu menggunakan lebih dari satu teknik pengumpulan data dan mengonfirmasi data dari subjek penelitian kepada informan. Hasil penelitian ini adalah deskripsi kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi pembelajaran mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning di kelas 5 MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Salatiga. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mata pelajaran matematika materi bangun ruang berasis blended learning MI Kumpulrejo 01 menunjukkan kategori baik sedangkan di MI Kumpulrejo 02 menunjukkan kategori kurang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, A. (2021a). Pentingnya Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).
Akbar, A. (2021b). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.
Amanto, A. Q. A., & Khasanah, N. (2021). Blended learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Alisa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–14.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Arta, G. J, Ratminingsih, N. M, Santosa, M. H. (2019). The Effect iveness Of Blended learning Strategy On Students ’ Writing Competency Of The Tenth Grade Students. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.13501
Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 503 ‐ 510.
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.579-586
Dwiyogo, W. (2020). Pembelajaran Berbasis Blended learning (1st ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Erwan, R., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Falachi, H., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2017). Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017. 8(1), 9–16.
Fatimah, A. T. (2018). Pedagogik Matematika di Sekolah Vokasi. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 1–8.
Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2020). Desain Blended learning (Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian). Scopindo Media Pustaka.
Hadi, S. (2010). Metodologi Research I. Yayasan Fakultas Psikologi UGM.
Hakiim, L. (2019). Perencanaan Pembelajaran. PT Sandiarta Sukses.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Ismail, S. (2021). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 113. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1229
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Khaerunnisa, F. (2019). Evaluasi Penerapan Blended learning pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ibadurrahman : Studi Kasus di Kelas VII. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab Teknologi, 2(2), 95–108.
Laela, K., Sri, D., & Gabriella, F. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 183–189.
Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI (E. Kuswandi (ed.); 1st ed.).
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Dee Publish.
Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The Effect of Blended learning in Mathematics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a
Mardalis. (2003). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal (6th ed.). Bumi Aksara.
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Mizza, D., Rubio, F., & Murphy-Judy, K. (2022). Creating Effective Blended Language Learning Courses: A Research-Based Guide From Planning Evaluation. Calico Journal, 39(1), 108–112. https://doi.org/10.1558/cj.21049
Mongin, & Ruwandi. (2023). Peranan Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Kandangan. Jurnal Al-Qiyam, 4(1), 41–53.
Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A. N. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pengolahan Hasil Perikanan di Kota Makassar. Jurnal Analisis, 6(2), 188–193. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/ef79bd330d16ba9fda32510e0a581953.pdf
Mulyasa. (2014). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013 (4th ed.).
Muntaqo, R., Trisnowati, E., Sains, U., Quran, A., Sains, U., Quran, A., & Tidar, U. (2020). Indonesian Journal of Science and Education. 04, 48–56. https://doi.org/10.31002/ijose.v4i1.2309
Negeri, S. M. P., Jalan, B., Tarungku, M., Biau, K., & Buol, K. (2017). Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 187–199. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.11237
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032
Nissa, I. C., & Sukanta, A. (2021). Pelatihan Perancangan Perangkat Pembelajaran Daring dan Luring sebagai Pendukung Belajar Dari Rumah Online and Offline Learning Tools Design Training to Support Learning From Home. 6(2), 46–56.
Nuralan. (2020). Kopetensi Pedagogik Guru dalam Mendesain Pembelajaran di SD Negeri 23 Tolitoli. 2(1), 65–69.
Nurjannah, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Volume Bangun Ruang Berbasis Pendekatan Scientific. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2(1), 49–62. https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.14
Pasani, C. F. (2019). Analyzing Elementary School Students Geometry Comprehension Based on Van Hiele’s Theory. Journal of Southwest Jiaotong University, 54(5). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.54.5.31
Penajam, D. I., & Utara, P. (n.d.). Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMA. 14(1), 12–18.
Permatasari, N. (2020). Evaluasi Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. 5(2), 99–110.
Purwanto, N. (1988). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Karya CV.
Rahmawati, S. E., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, F. S., & Surakarta, U. M. (2022). Pembelajaran Tematik Blended Berbasis Youtube Era Pandemi Covid 19 dI MIM PK.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Riyana, C. (2010). Peningkatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Penerapan Model Education Centre of Teacher Interactive Virtual ( EDUCATIVE ). Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 40–48.
Sabar Nurohman. (2015). Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.
Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Dee Publish.
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.
Simangunsong, H. H., Aulia, I., Hrp, A., & Azhari, N. S. (2022). Jurnal PTK dan Pendidikan Penerapan Project Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen. 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6806
Siregar, N., Sundari, D., & Bakri, A. (2019). Karakter Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Swasta Full Day School. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i1.821
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Suatu Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. CV Alfabeta.
Sukanti, Sumarsih, Siswanto, & Widayati, A. (2008). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fise UNY Terhadap Profesionalitas Guru Berdasarkan Undang-Undang Guru No 14 Tahun 2005. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(2), 70–81.
Utomo, B. (2018). Analisis Validitas Isi Butir soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Maadrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Republik Indonesia. (2008). Undang Undang Nomor 74 Tahun 2008, tentang guru
Wardhani, F. R. (2017). Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji Kompetensi Guru (UKG) pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 75–84.