PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pengembangan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam pendidikan di era revolusi industri 4.0 menggunakan metode penelitian kajian literatur sistematik. Literatur diperoleh melalui Google Scholar, Crossref, dan OpenAlex dengan kriteria inklusi meliputi: artikel yang membahas AR dalam konteks pendidikan, jurnal terakreditasi SINTA, artikel dalam rentang waktu 2019-2024, dan artikel berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Analisis data menggunakan kerangka kerja PRISMA yang meliputi identification (identifikasi), screening (penyaringan), eligibility (kelayakan), dan included (dimasukkan). Hasil penelitian menemukan tiga fokus utama, yaitu: model pengembangan, penerapan, dan efektivitas media pembelajaran AR di era revolusi industri 4.0. Penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran AR dapat dikembangkan melalui model Borg and Gall, MDLC, ADDIE, dan 4D, model-model ini mampu menciptakan media AR yang efektif dan inovatif sehingga mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan siswa dalam proses belajar, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam melalui integrasi teknologi. Penelitian ini berkontribusi dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi di setiap jenjang pendidikan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Alimuddin, A., Justin, N. S. J., Jusnita, R. A. E. J., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790. https://doi.org/https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2135
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362
Alwiyanti, N. A., Wardani, K. K., & Widodo, T. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Memvisualisasi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar. JIRE: Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika, 7(1), 132–139. https://doi.org/https://doi.org/10.36595/jire.v7i1.1164
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385. https://doi.org/10.1162/pres.1997.6.4.355
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. Longman.
Cuhanazriansyah, M. R., Cahyaningrum, Y., & Qolby, D. A. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Teknologi Informasi Berbasis Augmented Reality di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 64–69. https://doi.org/10.29210/30032909000
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.424
Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi COVID-19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40
Kamila, N. H., Prasetyo, T., & Muhdiyati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Google Sites Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV di SD Negeri No.178491 Pintu Pohan. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 133–144. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.782
Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the 22nd International Conference on Engineering Design (ICED19), 1633–1642. https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169
Lase, D. (2019). Eksistensi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality untuk Tanaman Daun Herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515–526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138
Nugraha, A. C., Bachmid, K. H., Rahmawati, K., Putri, N., Hasanah, A. R. N., & Rahmat, F. A. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.45497
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12573
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Rahmatullah, B., & Kadarwati, I. (2023). Peningkatan Kompetensi TPACK Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 3(2), 125–136. https://doi.org/10.35870/jpmn.v3i2.1856
Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–134. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v2i2.448
Rohman, F. (2022). Implementasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerak Dasar Tari Sigeh Pengunten. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 464–472. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1604
Setyawan, B., Rufi’i, & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90
Somadayo, S., Jamil, M., & Karim, K. H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Augmented Reality. Journal of Education Research, 5(1), 562–569. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.733
Sukma, C. W., Margunayasa, G., & Werang, B. R. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4261–4275. https://doi.org/https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Suwardi, A. A., Amril, L. O., & Mawardini, A. (2024). Pengaruh Media Digital Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 126–138. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i2.1087
Tawil, T., Ma’ruf, & Rahmawati. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berorientasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 6 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4787–4802. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1134
Usmaedi, Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
Utama, K. W., Rahayu, M. K., Azizah, L. F., Winarti, Sitopu, J. W., & Wiliyanti, V. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajara, 6(3), 7813–7821. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29869
Varnando, & Syazili, A. (2023). Penerapan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Rancangan Animasi 3 Dimensi Short Animation “Dampak Kekerasan Fisik Pada Anak.” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(2), 770–779. https://doi.org/10.30865/klik.v4i2.1207
Wardani, K. N. Y., Samsugi, & Damayanti. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tumbuhan Bunga Langka di Lindungi. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 473–490. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1605
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119
Yulianti, S. D., Arini, R. E., & Fildansyah, R. (2023). Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual dalam Pengalaman Pembelajaran. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 350–356. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.458
Zuliansyah, M. R. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Hewan Langka di Lindungi di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1605