PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Annissa Mawardini
Khusnul Khotimah
Teguh Prasetyo

Abstrak

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) dilakukan melalui kegiatan penyelidikan sederhana, bukan sekadar menghafal konsep-konsep IPA. Pendekatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir siswa sekaligus menumbuhkan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Amaliah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis quasi experiment menggunakan desain posttest-only control group design. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji statistik t-test. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pilihan ganda beralasan yang diambil dari nilai posttest. Rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen mencapai 78,40, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,60. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Independent sample t-test, diperoleh nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,038 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Amaliah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mawardini, Annissa, Khusnul Khotimah, dan Teguh Prasetyo. “PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2180–2185. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2893.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustin, N. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Kelas IV Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(1), 36–43.

Agustin, Y., & Noor Fadiawati, L. T. (2016). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 98–112. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6834

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, , 3(1), 11–28.

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu UNO Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2).

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D). (Bandung: Alfabeta, 2017).

Sukroyanti, B. A., & Sufianti, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 5(2), 36–40. https://doi.org/https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/136

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Yektyastuti, R., Ramdani, M. R., Gunadi, G., Mawardani, A., & Nurohmah, R. (2023). Post-Pandemic Covid-19 Analysis: The Effect of Distance Learning Toward Learning Loss in Primary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1645–1652. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3066