INTEGRASI POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD

Isi Artikel Utama

Izza Auliya
Nabila Arifa Ahmad
Silvia Aprilian Anjani
Jenuri Jenuri
Dina Mayadiana Suwarma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi potensi lokal dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini merupakan kajian studi literatur dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang pendekatan kontekstual dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Data yang dikumpulkan bersumber dari mencari dan membaca artikel, buku, jurnal, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual sangat cocok dengan pembelajaran IPAS jika diintegrasikan dengan potensi lokal yang ada di lingkungan siswa yang dimana pendekatan ini memungkinkan guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan potensi lokal sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevansi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Auliya, Izza, Nabila Arifa Ahmad, Silvia Aprilian Anjani, Jenuri Jenuri, dan Dina Mayadiana Suwarma. “INTEGRASI POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2121–2131. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2830.
Bagian
Artikel

Referensi

Firda, F., Habibi, H., & Matlubah, H. (2024). Pembelajaran Kontekstual Ipa Berbasis Potensi Lokal

Bagi Siswa Kepulauan Sumenep. Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan

Dan Teknologi, 2(1), 164–178. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3135

Meilani, E., Fajrin Triananda, S., & Rustini, T. (n.d.). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam

Pembelajaran Jenis Pekerjaan Penduduk Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar.

Munawwir, A. (2022). Problematika Penerapan Model Kontekstual Teaching and Learning (Ctl) Pada

Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Darunnaiem Pesse Soppeng. Jurnal Konsepsi,

(4), 473–480.

https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/252%0Ahttps://www.p3i.my.id/index.ph

p/konsepsi/article/download/252/248

Nahdiyin, N. A. (2023). Penelitian Kinerja Pustakawan Di Perpustakaan Melalui Database Google

Scholar: Narrative Literature Review. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan

Informasi, 7(2), 227. https://doi.org/10.17977/um008v7i22023p227-239

Nur’Azizah, H. (2023). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas VI SDN Layungsari 2 Kota Bogor.

Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(2). https://doi.org/10.61227/arji.v5i2.88

Putri, W., Azizah, N., Riana, A., & Pratiwi, D. E. (2024). Penerapan Contextual Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 6, 2–6.

Ramadhan, R., Rezki, B., & Prasetyo, T. (2024). Pembelajaran Ipas Pada Proses Belajar Sekolah. 3,

–7464.

Rasyidah, S. N. L., Ariana, S. P., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penerapan Model Contextual

Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 1888–1902.

Rini, N. P. Y. (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokaluntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 6 Songan. Jurnal Pendidikan

Deiksis, 5(2), 35–42.

Sabar, P. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 894–903.

https://doi.org/10.33578

Setiana, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru,

(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2834

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual Ipa Melalui Outdoor Learning Di Sd Alam ArRidho Semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30. https://doi.org/10.32478/almudarris.v1i1.97

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani,

I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020).

Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran

Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Susanto, A., Hiltrimartrin, C., Jayanti, L. S., & Sriwijaya, U. (2024). Penerapan Pendekatan

Pembelajaran Kontekstual sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5

SD pada Mata Pelajaran IPAS. 5(1), 114–124.

Yasin, F. N. (2023). Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Budaya Lokal terhadap Keterampilan

Sosial Siswa Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366–380.

Zhao, J., Lei, S., Zheng, Y., Li, X., & Han, S. (2018). Influence of γ-chain (γc) family cytokines on

phenotypes of T cells in ex vivo culture. Chinese Journal of Cancer Biotherapy, 25(5), 475–479.

https://doi.org/10.3872/j.issn.1007-385X.2018.05.006