INTEGRASI POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi potensi lokal dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini merupakan kajian studi literatur dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang pendekatan kontekstual dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Data yang dikumpulkan bersumber dari mencari dan membaca artikel, buku, jurnal, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual sangat cocok dengan pembelajaran IPAS jika diintegrasikan dengan potensi lokal yang ada di lingkungan siswa yang dimana pendekatan ini memungkinkan guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan potensi lokal sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevansi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Firda, F., Habibi, H., & Matlubah, H. (2024). Pembelajaran Kontekstual Ipa Berbasis Potensi Lokal
Bagi Siswa Kepulauan Sumenep. Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan
Dan Teknologi, 2(1), 164–178. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3135
Meilani, E., Fajrin Triananda, S., & Rustini, T. (n.d.). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam
Pembelajaran Jenis Pekerjaan Penduduk Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar.
Munawwir, A. (2022). Problematika Penerapan Model Kontekstual Teaching and Learning (Ctl) Pada
Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Darunnaiem Pesse Soppeng. Jurnal Konsepsi,
(4), 473–480.
https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/252%0Ahttps://www.p3i.my.id/index.ph
p/konsepsi/article/download/252/248
Nahdiyin, N. A. (2023). Penelitian Kinerja Pustakawan Di Perpustakaan Melalui Database Google
Scholar: Narrative Literature Review. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan
Informasi, 7(2), 227. https://doi.org/10.17977/um008v7i22023p227-239
Nur’Azizah, H. (2023). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas VI SDN Layungsari 2 Kota Bogor.
Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(2). https://doi.org/10.61227/arji.v5i2.88
Putri, W., Azizah, N., Riana, A., & Pratiwi, D. E. (2024). Penerapan Contextual Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 6, 2–6.
Ramadhan, R., Rezki, B., & Prasetyo, T. (2024). Pembelajaran Ipas Pada Proses Belajar Sekolah. 3,
–7464.
Rasyidah, S. N. L., Ariana, S. P., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penerapan Model Contextual
Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 1888–1902.
Rini, N. P. Y. (2023). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Kebudayaan Daerah Kearifan Lokaluntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD N 6 Songan. Jurnal Pendidikan
Deiksis, 5(2), 35–42.
Sabar, P. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 894–903.
Setiana, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru,
(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2834
Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual Ipa Melalui Outdoor Learning Di Sd Alam ArRidho Semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30. https://doi.org/10.32478/almudarris.v1i1.97
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani,
I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020).
Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Susanto, A., Hiltrimartrin, C., Jayanti, L. S., & Sriwijaya, U. (2024). Penerapan Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5
SD pada Mata Pelajaran IPAS. 5(1), 114–124.
Yasin, F. N. (2023). Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Budaya Lokal terhadap Keterampilan
Sosial Siswa Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366–380.
Zhao, J., Lei, S., Zheng, Y., Li, X., & Han, S. (2018). Influence of γ-chain (γc) family cytokines on
phenotypes of T cells in ex vivo culture. Chinese Journal of Cancer Biotherapy, 25(5), 475–479.