EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRODUKTIVITAS TUGAS KELOMPOK: PERSPEKTIF MAHASISWA PGSD FIP UPI ANGKATAN 2022 KELAS 5B
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap produktivitas tugas kelompok dari perspektif mahasiswa PGSD. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa PGSD FIP UPI angkatan 2022 kelas 5B menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara semi-terstruktur, dan observasi terhadap delapan mahasiswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran ini memberikan dampak positif terhadap keterampilan kolaborasi, pembagian tugas yang adil, dan pemecahan masalah dalam kelompok. Mahasiswa merasa lebih nyaman belajar secara berkelompok dan termotivasi dalam menyelesaikan tugas bersama. Namun, terdapat tantangan seperti koordinasi anggota kelompok, waktu pengerjaan yang terbatas, serta partisipasi yang tidak merata. Keterlibatan dosen sebagai fasilitator dalam proses diskusi dianggap masih terbatas. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran ini efektif meningkatkan produktivitas tugas kelompok tetapi perlu optimalisasi peran dosen dan pengelolaan waktu yang lebih baik untuk memaksimalkan hasil pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arfandi & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132.
Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-72.
Hasanah, Z. & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.
Herlina, M., Rahayu, I. Y., Wiksya, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Biologi Kelas X Sman 2 Argamakmur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 142-152.
Hidayah, N. (2021). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 7(2), 1-11.
Hikmah, M. (2022). Dosen Sebagai Fasilitator Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 17(2), 741-750.
Muamanah. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 3B SDN Tlogosari Wetan 02 menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Tahun Ajaran Gasal 2021/2022. Action Research Journal, 2(1), 29-34.
Nurlaila. (2019). Pengembangan Model Cooperative Learning untuk Pendidikan Tinggi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 213-222.
Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EPISTEMA, 2(2), 90-99.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. L. P., Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik?. Journal on Education, 6(1), 6261-6269.
Saprida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study (Undergraduate Students Participation in Cooperative Learning Based on Lesson Study). Jurnal Edukasi, 4(2), 54-58.
Zaharatunnisa & Sari, R. (2023). Menjelajahi Pembelajaran Kooperatif: Konsep dan Implikasi. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 45-52.