PENGEMBANGAN MODUL AJAR MEDIA DIGITAL MATERI LUAS DAN VOLUME MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK KELAS II SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan abad ke-21 penting bagi peserta didik untuk menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar dengan media digital materi luas dan volume menggunakan model PBL untuk kelas II SD dan mengetahui kualitas modul ajar dengan media digital yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah R&D dengan tipe ADDIE. Penelitian ini menggunakan 4 validator (1 dosen, 1 guru kelas II, 1 ahli bahasa, dan 1 ahli TIK). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner analisis kebutuhan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) Pengembangan modul ajar dengan media digital materi luas dan volume dengan model PBL yang dilaksanakan dengan 5 tahapan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate, 2) Kualitas modul ajar yang telah divalidasi mendapat skor 3,87 dengan kategori “sangat baik” melalui beberapa aspek cover, kata pengantar, daftar isi, isi modul ajar, dan bahasa, 3) Manfaat modul ajar bagi peserta didik berdasarkan hasil rerata post-test pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dari 63% sampai 81% dengan rata-rata kenaikan sebesar 18%. Oleh karena itu modul ajar dengan media digital materi luas dan volume menggunakan model PBL dapat membantu peserta didik memahami materi luas dan volume.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arifin, Z. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 45-52.
Efendi, P. M. (2023). Keterampilan Abad 21 Kaitannya Dengan Karakteristik Masyarakat di Era Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 78. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8009
Fitri, U., & Alyusfitri, R (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran MatematikaBerbasis Problem Based Learning Pada Materi Pecahan Kelas II Sekolah Dasar. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 15(1).
Fitriana, A., & Sulistiyo, U. (2021). Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 25-32.
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284-291.
Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418.
Melisa, M., Arafah, A. A., Sukriadi, S., Rahmi, R. P., Iksam, I., & Wahyuningsih, T. (2024). Pengembangan WEBANGDA sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Weebly dan Wordwall Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 567-575.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40.
Prasetya, S., & Yuliana, S. (2021). Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 134-144.
Purwanti, R. (2017). Problem-Based Learning: Model Pembelajaran di Era 21. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(4), 76-85.
Ristiana, E., Muis, A., Arsal, A. F., Muliana, G. H., & Yasin, Y. K. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru SD Negeri Mandai Kota Makassar. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 71-76.
Safitri, A. (2019). Teori Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Teori Pendidikan, 8(2), 101-110.
Setiawan, T. A., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2043-2051.
Sulistyaningsih, D. (2020). Volume dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 89-99.
Sunardi, I. (2016). Pengukuran Luas dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 23-30.
Widjaja, P. (2018). Implementasi Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(2), 34-42.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.