PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA E-MODUL DI KELAS IV SDK SANG TIMUR YOGYAKARTA

Isi Artikel Utama

Betta Puspita Ningrum
Ignatia Esti Sumarah

Abstrak

Dari hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDK Sang Timur Yogyakarta, peneliti mendapatkan informasi bahwa peserta didik di kelas tersebut belum konsentrasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar untuk IPAS materi gaya belum mencapai KKM (70). Oleh karena itu, peneliti melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah 14 peserta didik kelas IV di SD tersebut, 9 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian Tindakan Kelas(PTK)yang dilakukan peneliti terdiri dari 2 siklus, dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan media E-modul pembelajaran yaitu modul yang bisa diakses melalui laptop, komputer dan lainya. Modul digital ini berwujud teks, gambar, video dan audio. Metode yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan tes. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam sikap konsentrasi dan hasil belajar. Persentase peningkatan sikap konsentrasi: dari ketagori sangat konsentrasi, meningkat dari 14.3% di siklus 1 menjadi 28.6% di siklus 2. Pada kategori konsentrasi, meningkat dari 28.6% di siklus 1 menjadi 50% di siklus 2. Persentase keberhasilan belajar juga meningkat dari 87.5% di pra siklus menjadi 100% di siklus 2.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspita Ningrum, Betta, dan Ignatia Esti Sumarah. “PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA E-MODUL DI KELAS IV SDK SANG TIMUR YOGYAKARTA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1806–1815. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3026.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, Yunus. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama. Bandung.

https://refika.co.id/194-desain-sistem-pembelajaran.html

Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261-1268 https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/3120

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/PROSEDUR-PENELITIAN-17- Mar-2021-14-11-12.pdf

Ariyana, Yoki, Bestary, Reisky, & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Hak. https://www.sman88jakarta.sch.id/assets/files/BUKU_PEGANGAN_PEMBELAJA RAN_HOTS_01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018_.pdf

Gandari, N. K. M., & Sentana, A. I. N. (2018). The Effect of Emotional Freedom Techniques Therapy towards Learning Concentration Level of Students. Indonesian Journal of Health Research, 1(2), 66–73

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284-291.

Kumala , F. (2016). Pembelajaran IPA. Malang: Ediide Infografika.

https://repository.unikama.ac.id/691/

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219-231. https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/75

Lestari, F. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

http://eprints.umsida.ac.id/3110/1/FRISKA%20LESTARI_158620600003.pdf

Nurbaeti, R. U. & Sunarsih, D. (2020). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 109-116.

Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(1)

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3504

Sanjaya. W. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

https://prenadamedia.com/product/penelitian-tindakan-kelas/

Syafa, I. P., Putri, M., Setiawati, N. Z. E., & Marini, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 313-328. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4228

Pratiwi , A. M., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2013). Studi Kooperatif Tingkat Kesadaran Peserta didik Laki-Laki dengan Perempuan terhadap Pelaksanaan Tata Tertib di Kelas VII MTs Darul Huffazh. Jurnal Unila, 1- 13. https://media.neliti.com/media/publications/250568-none-27ff3ce9.pdf

Nurhayati, Eti. 2012. Psikologi Perempuan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar http://repository.syekhnurjati.ac.id/3598/1/4.%20Psikologi%20Perempuan.pdf

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Musrikah, M. (2018). Higher Order Thingking Skill (Hots) Untuk Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika. Martabat, 2(2), 339-360.

https://www.neliti.com/id/publications/276716/higher-order-thingking-skill-hots-untuk-anak-sekolah-dasar-dalam-pembelajaran-ma