IMPLEMENTASI KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin di SDN Harjasari 01. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan pembina Pramuka serta siswa kelas 5 dan 6. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi, yang mencakup triangulasi sumber, teknik pengumpulan data untuk memastikan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka seperti permainan KIM (Kemampuan Indera Manusia), tata tertib apel pagi, dan pelatihan baris-berbaris, berperan dalam membentuk disiplin siswa. Tantangan yang ditemukan seperti keterbatasan fasilitas, waktu yang tidak memadai, rendahnya motivasi siswa, kurangnya pemahaman tentang disiplin, minimnya keteladanan pembina, serta inkonsistensi penerapan aturan masih ditemukan. Solusi yang diterapkan meliputi optimalisasi fasilitas, manajemen waktu, pemberian penghargaan, peningkatan pemahaman siswa, keteladanan pembina, dan penerapan sanksi tegas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ariyanti, A. Z. (2024). Upaya Menanamkan Nilai danMoral Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1).
Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267–277. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.353
Fitriyani, N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Kompetensi Civic Disposition dalam Membentuk Sikap Disiplin melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Sawit. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13, 1.
Isyanto, N., & Abdullah, A. (2022). Implementasi Metode Kemampuan Indera Manusia (KIM) Untuk Meningkatkan Maharah Al- Kalam. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 165–178. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.42
Jannah, M., Yuhana, Y., & Hilaiyah, T. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Mengembangkan Budaya Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 209–217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1397
Karina, E. (2024). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo.
Kristi, C. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Upt Sd Negeri 18 Gresik. JPGSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 8(3), 569–580.
Mukhlis. (2024). Signifikansi dan Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah. Integrated Education Journal, 1.
Nurhaqim, M., & Subandi, J. (2023). Strategi Pemahaman Karakter Disiplin Ibadah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12).
Pangestu, R. S., & Lisnawati, S. (2024). Upaya guru PAI meningkatkan minat belajar dan menanamkan karakter disiplin di Thailand Selatan. Pendidikan Islam Ta’dibuna, 13(4), 299–313. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i4.16602
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 40–47.
Rafiqi, C. T., Karsadi, Hijrah, W. O., & Rahman. (2024). Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Siswa dalam Pelaksanaan Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Mores: Jurnal Pendidikan, Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 52–59. http://mores.uho.ac.id/index.php/journal/index
Rokyal Harjanty, S. M. (2020). Menanamkan Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(July), 1–23.
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Sulistiany, I., Soro, S. S., & Yoseptry, R. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Deskriptif Analisis di SMA Negeri 6 dan SMA 13 Bandung). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 16, 539–547. www.journal.uniga.ac.id
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671
Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Yontino, M., Chaiago, N. S., & Budi. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter Pembinaan Kegiatan Ekstrakulikuler Bidang Pramuka Tingkat Penegak Dewan Kerja Ranting Kwartir Ranting Pulau Rakyat. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(6). https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI
Yudana, Y. I., Nadziroh, & Chairiyah. (2024). Implementasi nilai Nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas V di SD Negeri Sumberwatu Sleman. Truhayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 11(1), 103–109. https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i1.18872