MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH VIII KOTANOPAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAB. MANDAILING NATAL

Isi Artikel Utama

Wahdeni Wahdeni

Abstrak

Belajar merupakan bagian integral dari proses pendidikan. Bagus atau proses pembelajaran yang berkualitas menentukan terwujudnya tujuan pendidikan. Itu Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran manajemen yang berfokus pada empat masalah: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pembelajaran strategi, (3) evaluasi pembelajaran, dan (4) faktor pendukung dan hambatan dalam pembelajaran di Wilayah VII  Kotanopan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Mandailing Natal. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Pengelolaan pembelajaran dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap strategi, tahap evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat. Di setiap tahap. Panggung utama dari pelaksanaannya berorientasi pada mutu pembelajaran secara inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang yang cukup untuk inisiatif, kreativitas, dan kemandirian, (b) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran, (c) Faktor pendukungnya pengelolaan peningkatan mutu pembelajaran adalah: dukungan orang tua terhadap pembelajaran fasilitas dan model kepemimpinan kepala sekolah, (d) Adapun apa yang menjadi permasalahan antara lain anggapan bahwa belajar itu sulit dan motivasi siswa yang demikian kekurangan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahdeni, Wahdeni. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH VIII KOTANOPAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAB. MANDAILING NATAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1571–1576. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2880.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, 2008. Manajemen Pendidikan, Penerbit Alfabeta Yogyakarta

. 2008. Fungsi Manajemen, Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2005. Manajemen Penelitian.Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Abdul Hadis,2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Cholid Narbuko, 2015 Metodologi penelitian, Penerbit PT Bumi Aksara Jakarta.

Eti Rachaety, 2009. Manajemen pendidikan, Yogyakarta.

Feigenbaum, 1998. Faktor Mempengaruhi Mutu, Penerbit Erlangga Jakarta.

Husaini Usman, 2014. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Meleong. J. Lexy, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.

Permendiknas, UU RI. NO. 52. Tahun 2008. Komponen Pembelajaran Manajemen, jakarta.

Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Siswanto. 2012. Pengantar manajemen. Jakarta : Sinar grafika

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sudjana, Nana. 1996. Pembelajaran Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Megajar.Bandung.

Suranto, 2004. Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Semarang. Terry, George. 2013 Dasar- Dasar Manajemen. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta. Husaini Usman, George R.

Terry dan Leslie W.Rue. (2012). Manajemen (Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Bandung : PT Bumi Aksara.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama