ANALISIS MENDALAM TEORI, PRAKTIK, TANTANGAN, DAN PROSPEK PENGEMBANGAN ASESMEN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan analisis komprehensif mengenai asesmen matematika di Sekolah Dasar (SD). Asesmen bukan sekadar alat evaluasi hasil belajar, melainkan komponen integral dari proses pembelajaran yang efektif. Melalui eksplorasi teori-teori yang mendasari asesmen, pengamatan praktik di berbagai kelas awal SD (kelas I-VI), identifikasi tantangan implementasi, serta penawaran prospek pengembangan, jurnal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi para pendidik, peneliti, dan pemangku kebijakan pendidikan mengenai pentingnya asesmen matematika yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Allyn & Bacon.
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
Bruner, J. S. (1960). The process of education. Harvard University Press.
Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2000). Measurement and assessment in teaching (8th ed.). Merrill.
Piaget, J. (1971). Genetic epistemology. Columbia University Press.
Popham, W. J. (2011). Classroom assessment: What teachers need to know (6th ed.). Pearson.