ANALISIS MENDALAM TEORI, PRAKTIK, TANTANGAN, DAN PROSPEK PENGEMBANGAN ASESMEN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Wahdeni Wahdeni
Cindy Ayu Lestari
Tuti Khairani
Irma Suriani
Jamaluddin Jamaluddin
Almira Amir

Abstrak

Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan analisis komprehensif mengenai asesmen matematika di Sekolah Dasar (SD). Asesmen bukan sekadar alat evaluasi hasil belajar, melainkan komponen integral dari proses pembelajaran yang efektif. Melalui eksplorasi teori-teori yang mendasari asesmen, pengamatan praktik di berbagai kelas awal SD (kelas I-VI), identifikasi tantangan implementasi, serta penawaran prospek pengembangan, jurnal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi para pendidik, peneliti, dan pemangku kebijakan pendidikan mengenai pentingnya asesmen matematika yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahdeni, Wahdeni, Cindy Ayu Lestari, Tuti Khairani, Irma Suriani, Jamaluddin Jamaluddin, dan Almira Amir. “ANALISIS MENDALAM TEORI, PRAKTIK, TANTANGAN, DAN PROSPEK PENGEMBANGAN ASESMEN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1932–1936. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3063.
Bagian
Artikel

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Allyn & Bacon.

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.

Bruner, J. S. (1960). The process of education. Harvard University Press.

Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2000). Measurement and assessment in teaching (8th ed.). Merrill.

Piaget, J. (1971). Genetic epistemology. Columbia University Press.

Popham, W. J. (2011). Classroom assessment: What teachers need to know (6th ed.). Pearson.