KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM : KAJIAN QUR’AN SURAH ALI IMRAN AYAT 159

Isi Artikel Utama

Fatimah Uri
Abu Anwar

Abstrak

Guru merupakan pelaku dan tokoh yang sangat fundamental dalam menciptakan pendidikan yang kondusif, efektif, dan efesien untuk melahirkan generasi yang memiliki kepribadian yang istimewa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepribadian Guru dan Implementasi Kepribadian Guru dalam Surah Ali Imran Ayat 159 pada Kajian Tafsir Al-Azhar. Merupakan jenis kajian pustaka dengan metode analisa terhadap data-data deskriptif berupa dokumen tulisan-tulisan yang diperoleh dari data-data tersebut dideskriptifkan dan analisis untuk menjawab permasalahan yang dipaparkan. Diperoleh data dari penelitian kepribadian guru dalam surah Ali Imran ayat 159 adalah: Sifat Lemah Lembut. Tidak kasar dan keras hati, Pemaaf, Musyawarah, dan Tawakal. Sedangkan dalam implementasinya pada kepribadian guru adalah bertutur kata yang manis (lemah lembut) dan dengan kata-kata serta tingkah laku yang sopan, guru harus menjadikan sikap pemaaf bagi peserta didik, dalam musyawarah guru berperan sebagai pemimpin atau moderator dalam proses kegiatan kelas, ketika usaha dan ikhtiar sudah dilaksanakan, keputusan terakhir seutuhnya diserahkan kepada Allah SWT.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Uri, Fatimah, dan Abu Anwar. “KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM : KAJIAN QUR’AN SURAH ALI IMRAN AYAT 159”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1577–1584. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2885.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, (2017). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana

Arifai, A. (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27-38.

Eni Fariyatul Fahyuni & Istikomah, (2016). Psikologi Belajar dan Mengajar : Kunci Sukses Guru dan Peserta Ddidik dalam Interaksi Edukatif, Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Hamka, (1965). Tafsir Al Azhar Juz IV, Jakarta : PT. Pustaka Setia

Iskandar, (2009). Metodologi Penulisan Kualitatif, Jakarta : Gaung Persada.

Mahmud, (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia

M. QuraishsShihab, (2007). Tafsir Al Misbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta : Lentera Hati.

Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). Konsep kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94-111.

Ramayulis & Samsul Nizar, (2009). Filsafat Pendidikan Islam Jakarta : Kalam Mulia.

Rifai, A. S. (2015). PENDIDIKAN SEBAGAI PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN (Tinjauan Surat Ali Imran Ayat 159). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 4(1).

Roqib, M., & Nurfuadi, N. (2020). Kepribadian guru.

Samsul Nizar & Zainal Efendi Hasibuan, (2011). Hadis Tarbawi : Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Persepektif Rasullah, Jakarta : Kalam Mulia

Situmorang, T. (2019). Kepribadian Guru dalam Dunia Pendidikan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(1).