PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS QR CODE PADA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III SDN PASURUHAN

Isi Artikel Utama

Syibilla Oktavia Malaka Sari
Ika Oktavianti
Denni Agung Santoso

Abstrak

 


Abstrak


Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Pasuruhan masih banyak dilakukan secara konvensional dengan metode ceramah dan hafalan. Pendekatan ini membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efektivitas model pembelajaran pembelajaran Team games Tournament berbantuan media ular tangga berbasis QR Code pada keaktifan belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas III SD Negeri Pasuruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pasuruhan, yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran pembelajaran Team games Tournament berbantuan media ular tangga berbasis QR Code pada keaktifan belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas III SD Negeri Pasuruhan.


Kata Kunci : Team games Tournament, ular tangga berbasis QR Code, Keaktifan Belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Malaka Sari, Syibilla Oktavia, Ika Oktavianti, dan Denni Agung Santoso. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS QR CODE PADA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III SDN PASURUHAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2172–2179. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2896.
Bagian
Artikel

Referensi

Amaliyah, F., & Santoso, D. A. (2022). Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul. Prosiding Seminar Nasional Seminar Nasional Dies Natalis UMK Ke-42, 188–195.

Falah, A. N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Basic Education, 7(28), 2-733-2.742. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13495

Handayani, V., Wardana, L. A., & Jannah, F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Gemes Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas V SDN Pajurangan. Journal Of Social Science Research, 4(2), 6579.

Kurniawan, A., & Setyabudi, T. (2024). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT Melalui Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(02), 143–151. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.737

Kurniawati, R., & Daniamiseno, A. G. (2019). Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.9703

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631

Mustamiroh, M., Sutja, A., & Maulia, S. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Muaro Jambi. Academy of Education Journal, 14(2), 1469–1476. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2116

Napitupulu, E. H., & Susanti, A. E. (2023). Mengupayakan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tanya Jawab. KAIROS: Jurnal Ilmiah, Vol. 3(No. 2), 32–46.

Rachma Thalita, A., Dyas Fitriyani, A., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Sundari, E., & Setyabudi, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1842–1855.