PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANGSRI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bangsri Kabupatan Jepara. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Tahun Pelajar 2024/2025 sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pada penelitian ini menggunakan jenis Pre-experimental design dengan desain penelitian yaitu One-Grup-pretest-Posttest Design. Hasil iobservasi dianalisi menggunakan aplikasi SPSS 26 pada taraf 0,05. Berdasarkan hasil dari uji Paired Smaple T-test diperoleh hasil signifikan yaitu 0,00<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pemebelajaran mind mapping menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar IPAS pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 1 Bangsri
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.
Astriany, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177. https://doi.org/10.21009/jpd.061.15
Hakim, A., & Ilmi, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik kelas V. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(4), 639-645.
Nurhaswinda, N., Zulkifli, A., Gusniati, J., Zulefni, M. S., Afendi, R. A., Asni, W., & Fitriani, Y. (2025). Tutorial uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan aplikasi SPSS. Jurnal Cahaya Nusantara, 1(2), 55-68.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352.
Rodi MATARAM Jln Pemuda, A. (n.d.). Strategi Pembelajaran Matemetika Undikma. http://digilib.uinsa.ac.id/20207/1/Strategi%20Pembelajaran%20Matematika.pdf
Rofisian, N. (2020). Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 12(2), 102-114.
Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. ed. Rose. Yogayakarta: Ar-Ruszz Media.
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280