PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU FLIPBOOK MATERI KEGIATAN EKONOMI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Isi Artikel Utama

Mutmainna Hidayat
Lilis Suryani
Nursyamsi Nursyamsi

Abstrak

Rendahnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Skripsi ini membahas tentang  E-Modul berbantu Flipbook Materi Kegiatan Ekonomi Terintegrasi Nilai-Nilai Kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik,  mendeskripsikan desain, mendeskripsikan kepraktisan, mendeskripsikan keefektivan  dengan E-Modul pembelajaran materi kegiatan ekonomi. Jenis penelitian pengembangan atau Research and Development ( R & D ) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari 5 tahapan yaitu :  (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan,  (4) implementasi,  (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan lembar tes yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik. Subjek pada penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik kelas V MI 04 Murante. Hasil penelitian ini menghasilkan produk E-Modul berbantu flipbook materi kegiatan ekonomi terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal  kelas V MI 04 Murante, Kec. Suli Kab. Luwu. Analisis kebutuhan peserta didik membutuhkan sebuah bahan ajar yang lebih menarik untuk menambah minat belajar, Desain E-Modul dilakukan di aplikasi canva dan bantuan flipbook untuk membuat tampilan lembaran yang dapat berpindah-pindah pada E-Modul. Divalidasi oleh 3 validator, yaitu validator materi dengan nilai 87,5% (sangat valid), validator media 90% (sangat valid), validator bahasa 92% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilai sebesar 96% (sangat praktis), hasil uji kepraktisan peserta didik diperoleh nilai 90% (sangat praktis). Untuk hasil uji efektivitas diperoleh ≥75 nilai 88% hingga diketahui E-Modul berbantu flipbook materi kegiatan ekonomi terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal sangat efektif untuk digunakan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hidayat, Mutmainna, Lilis Suryani, dan Nursyamsi Nursyamsi. “PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU FLIPBOOK MATERI KEGIATAN EKONOMI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2186–2196. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2899.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdillah dan Rahmat Hidayat. 2019. Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Anafi, Khoirul, dan but Priono Leksono Iskandar Wiryokusumo. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Model ADDIE Menggunakan Sofware Unity 3D.” Jornal Education and Development Vol 9 No 4 (4): 433–38.

Anniza, Nurul, dan Edhy Rustan. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 12. No (4): 135–44.

Arofah, Nurul Lailatul, dan Ismail Marzuki. 2023. “Pengembangan Media Palanel ( Papan Flanel ) Materi Profesi Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Sekolah.” Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Journal 3 (3): 664–70. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i03.1605.

Effendi, Refki, dan Sugeng Sutiarso. 2021. “Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidayyah.” Jurnal Basicedu Vol 5. No.: 920–29.

Fitra, Julsyam, dan Hasan Maksum. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK” 4 (1): 1–13.

Heryadi, Yadi, Maman Fathurrohman, dan Yuyu Yuhana. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Komik Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas V SD.” Jurnal BASICEDU Vol 7 . No: 4157–4163.

Ridwan. 2005. Mudah Belajar Penelitian.

Riwanti, Rency, dan Abna Hidyati. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 3 (2): 572–81.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Syahrial, Alfian, Lilis Suryani, dan Erwatul Efendi. 2022. “Pengembangan Materi Ajar Manusia dan Lingkungan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di Kelas V MI Al-Falah DDI Angkona.” Jurnal Pendidikan 11 (2): 63–70.

Ulfa, Melin Sri, Cut Eva Nasryah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 1 No 1 (1): 10–16.