PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARD (KARTU PERTANYAAN) PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAM DATOK SULAIMAN PALOPO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan dan untuk mengetahui validasi, praktikalitas dan efektivitas pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan untuk materi IPS Kenampakan Alam kelas V MI Islam Datok Sulaiman palopo. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan atau metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas V MI Islam Datok Sulaiman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Wawancara, 2) Dokumentasi, 3) Angket, 4) Validasi Ahli, 5) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan dan tahap pengembangan di kelas V MI Datok Sulaiman, ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut terdapat kebutuhan untuk menghadirkan inovasi baru dalam media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi yang diperlukan adalah media kartu pertanyaan (question card). Validasi media pembelajaran dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 77% dengan kategori valid. Ahli materi memberikan nilai persentase 90%, ahli bahasa memberikan nilai persentase 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diuji cobakan kepada siswa sebanyak 20 orang menunjukkan nilai 84% dan dari guru kelas II dengan nilai akhir dari hasil uji kepraktisan mencaai 92% dengan kategori sangat praktis Hasil uji keefektifan mengenai media kartu pertanyaan (question card) diperoleh rata-rata skor pretest siswa adalah 71,25%, sedangkan rata-rata posttest siswa adalah 90% dengan kategori sangat baik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Achmasd, and Anis Zohriah Wahyudin. "Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan." Journal on Education 6.1 (2023): 3822-3835.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
Astuti, Tri., I. Wayan Suwatra, and I. Made Tegeh. "Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPA." Indonesian Journal Of Educational Research and Review 2.2 (2019): 240-251.
Batubara, Nurhasana., Febri Yanti, and Eva Pratiwi Pane. "Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di Kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar." Innovative: Journal Of Social Science Research 3.6 (2023): 9158-9171.
Branch, Robert Maribe. Instructional design: The ADDIE approach. Vol. 722. New York: Springer, 2019.
Daniati, Nia., Della Restu Apriliani, and Anang Anang. "Media Question Card Towards Knowledge Of Dental And Oral Health In Elementary School Age Mentally Retarded Children." The Incisor (Indonesian Journal of Care's in Oral Health) 6.2 (2022): 269-280.
Hapudin, H. Muhammad Soleh. Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Jakarta: Prenada Media, 2021.
Irawan, Ardy , M.arif Rahman Hakim. “Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTS”. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1): 91-100 April 2021.
Lestari, Endang Titik. Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Lutfianasari, Ulfa., Mohammad Agus Prayitno, and Nur Alawiyah. "Implementation of Question Card Assisted Tapps on Student Learning Outcomes and Activity." Jurnal Education and Development 9.4 (2021): 533-536.
Mashuri, Sufri. Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Mirnawati. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. DIDAKTIKA, Vol. 9, No. 1, Februari 2020
Munawwarah, Sitti, Edhy Rustan, Hisbullah. “Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Figur Kedaerahan”, JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Vol. 9. no.1 (2022): 79-92..
Nurul Aswar, Pipi Silpia,Fauziah Zainuddin. engembangan E-Book Berbasis Flipbook Maker Pada Materi Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. ISSN 2776-8872 Vol. 4 No 2, Tahun 2024, hal. 1497 – 1508.
Munawir, Ahmad, and Nurdin Kaso. "Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Konsep Bunyi Di Sekolah Dasar." Didaktika: Jurnal Kependidikan 14.2 (2022): 163-176.
Nusroh, Siti., and Eva Luthfi. "Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya." BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 5.1 (2020): 71-92.
Oktaviana, Bela., Henry Januar Saputra, and Zaenal Arifin. "Keefektifan Pembelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pair Check Berbantu Question Card Pada Siswa Kelas V SDN Sukoharjo 01 Pati." Profesi Pendidikan Dasar 5.1 (2018): 46-56.
Pribadi, Benny A. Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Jakarta: Kencana, 2021.
Putra, Nusa. research & deeoopment Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2021.
Rasam, Fadli., and Ani Interdiana Candra Sari. "Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan." Research and Development Journal of Education 5.1 (2018): 95-113.
Ratnawati, Dewi., Isnaini Handayani, and Windia Hadi. "Pengaruh model pembelajaran PBL berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP." Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 10.01 (2020): 44-51.
Raupu, Sumardin, Dian Utari, and Nursyamsi Nursyamsi. "DEVELOPMENT OF GAME-BASED MATHEMATICS STUDENTS’WORKSHEETS INTEGRATED WITH LOCAL WISDOM." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 25.1 (2022): 172-179.
RI, Kementerian Agama. Alquran dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah, 2016.
Ridwan. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta, 2015
Sadirman, Arif S. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
Sanjaya, Wina. PenelitianPendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group, 2021.
Setiawan, Angga., Wahyu Nugroho, and Dessy Widyaningtyas. "Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping." TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar 2.2 (2022): 92-109. Situngkir, Sinta Nauli. "Pengembangan Media Question Card Berbasis Model Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.3 (2023): 21415-21426.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 2017.
Sugandi, Ahmad. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuatitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., Mirnawati, M., & Rusdiansyah, R. The Use of Metaphors through Speech Acts in Learning: A Case from Indonesia. International Journal of Society, Culture and Language, 10(3), 137–150. (2022).
Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. "Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik." Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar 1.1 (2020): 30-41.
Yms, Nurul Hikmah, and Hera Hastuti. "Penggunaan Queston Card Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas X 2 IPS di SMA Pertiwi I Padang." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.2 (2023): 16722-16728.