MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA DI MIN 3 DAN SDN KUIN SELATAN 1 KOTA BANJARMASIN

Isi Artikel Utama

Emi Lestari
Muhammad Yuliansyah
Agustina Rahmi

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang  Manajemen supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya di MIN 3 dan SDN Kuin Selatan 1 Kota Banjarmasin. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan panduan wawancara. Analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah 1) Manajemen supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya di MIN 3 kota Banjarmasin dan SDN Kuin Selatan 1 Kota Banjarmasin  yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan  tindak lanjut dari hasil supervisi dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan untuk meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar dengan pendekatan  langsung melalui kegiatan supervisi kelas dan  Pendekatan tidak langsung melalui kegiatan rapat maupun pelatihan dan  pendekatan kolaboratif melalui kelompok kerja guru maupun  diskusi terkait mata pelajaran yang diampu guru. 2) Faktor pendukung implementasi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya antara yaitu: perencanaan yang baik, adanya hubungan yang baik dan koordinasi supervisor dengan kepala sekolah dan juga guru yang disupervisi, guru diberikan penjelasan tentang pentingnya dan kriteria supervisi,  kepala sekolah meluangkan waktu untuk melaksanakan supervisi sendiri, dan sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain: kurangnya kesiapan guru, kurangnya personil supervisi, jadwal supervisi tidak berjalan sesuai rencana adapun solusi nya adalah dengan pemberian motivasi kepada guru akan pentingnya supervisi pembelajaran, memperbaiki koordinasi dan kerjasama, menerapkan disiplin terhadap tata tertib guru. 3) Implikasi Manajemen Supervisi berdampak positif terhadap supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru seperti guru lebih paham dalam membuat perangkat pembelajaran, lebih mudah memahami perilaku dan karakteristik siswa, lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode-metode pembelajaran , lebih mudah dalam menggunakan teknologi pembelajaran, minat untuk melakukan perubahan sikap dan kinerja meningkat lebih baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lestari, Emi, Muhammad Yuliansyah, dan Agustina Rahmi. “MANAJEMEN SUPERVISI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA DI MIN 3 DAN SDN KUIN SELATAN 1 KOTA BANJARMASIN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1452–1462. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2906.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto , Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Buchari, A. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Bungin Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Byars, L. L., & Rue, L. W., 1991. Human resources management. (3ʳᵈ ed).Boston: Irwin Inc

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Departemen Agama RI, 2000. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan.Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Dirjen Mapenda.

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik danTenaa Kependidikan. 2007. Naskah Materi Diklat Pembinaan Kompetensiuntuk Calon Kepala sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional

Goldamer, R. et. all. 1993. Clinical Supervision: Special Methods For The Supervision of Teachers (3th edn).Forworth: Harcourt Brace Jovanovich.

Jarkawi, Dkk. 2016.. Petunjuk Penulisan Tesis FKIP Bimbingan UNISKA MAB Banjarmasin Banjarmasin :Uniska

Juni, Doni, dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi Dan Kemempinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Lastriyani I, Herawan. 2013. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Mengajar Guru SD Negeri dan Swasta di Kota Sukabumi”. Jurnal Adminisistrasi Pendidikan (Vol.XVII No.1) Oktober 2013

Made Pidarta. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta

Martini, & Maisah, 2010. Standarisasi profesionalisme guru. Jakarta: GP Press

Mitchell, T. R., & Larson, J. R., jr., 1987. People in organizations, an introduction nto organizational behavior (3ʳᵈ ed). Singapure : Mc Graw Hill Book Company

Mukhtar. 2015. “Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme guru Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar”. Jurusan Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0180 (Volume 3, No. 3) April 2023

Mulyasa. 2006. Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja. Rosdakarya

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Profesionalisme guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurohiman. 2016. “Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme guru SDN 06 Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara”. Jurnal Manajer Pendidikan (Vol. 10 No. 6), November 2016, hlm. 608-615

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Piet A. Sahertian.2009. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta 2009

Putra, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Richard E.Kopelman. 1986. Managing Productivity in Organization, New York: McGrow-Hill Book Company

Rivai.2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta. Raja Gratindo persada.

Ross, L. Neagley & Dean, N. Evans .1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Third Edition

Sagala Syaiful,2009, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung:Alfabeta

Soetjipto & Kosasi,2018.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif.Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Suhardan D, 2010. Supervisi profesional. Bandung : Alfabeta

Suharsimi A,2004. Dasar-dasarSupervisi, Jakarta: Rineka Cipta

Supardi. 2013. Profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sutopo, H. B. 2002. Memahami Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Tempe, 1992. Kinerja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen