IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA DI MIN 2 DAN MIN 5 KOTA BANJARMASIN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rendahnya kemampuan literasi menyebabkan kurangnya minat membaca pada siswa sekolah dasar, sehingga diperlukan upaya dari madrasah untuk mengoptimalkan literasi anak. Gerakan Literasi Madrasah diterapkan di MIN 2 dan MIN 5 Kota Banjarmasin sebagai solusi untuk membentuk karakter gemar membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program gerakan literasi madrasah serta peran guru dalam memotivasi siswa untuk membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi madrasah dilakukan dalam tiga tahap: (1) tahap pembiasaan, melalui aktivitas membaca sebelum pembelajaran seperti membaca doa dan buku selama 5–15 menit di pojok baca, (2) tahap pengembangan, dengan kegiatan yang mendorong pemahaman bacaan, diskusi kelas, serta pengayaan, dan (3) tahap pembelajaran berbasis literasi, yang mengintegrasikan materi pelajaran dengan sumber bacaan di pojok baca. Selain itu, peran guru sebagai motivator, fasilitator, dan inovator sangat berpengaruh dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa. Meskipun program gerakan literasi madrasah telah diterapkan di MIN 2 dan MIN 5 Kota Banjarmasin, hasilnya belum optimal karena masih terdapat keterbatasan sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alfarikh, A. (2017). Menumbuhkan budaya literasi di kalangan pelajar. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 959–967.
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Dari Pucuk Hingga Akar. Jakarta.
Azis, A., Sekolah, K., Muhammadiyah, M. I., & Tengah, J. (2018). Melalui Perpustakaan Di Mim Gandatapa Banyumas ( Design Implementation of School Literature Movements Through Library in Mim Gandatapa Banyumas ), 2(1), 43–59.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi
Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal
Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Bruno, L. (2019). Model Batu Basah (Baca Tulisakan, Baca Sampaikan Hasilnya) untuk Mengembangkan Budaya Literasi Sekolah di SMP Negeri 13 dan 14 Binjai. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 58–66.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Budiharto. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Internasional untuk Evaluasi Prestasi in International Reading Literacy Study Organization for Economic Cooperation and Development ) dalam Programme for. Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Daromi, M. H. (2019). Program Peningkatan Keterampilan Literasi Pada Sekolah Unggul Di SD Muhammadiyah 09 Malang. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.Press.
Di, S., Negeri, S. M. P., & Binjai, D. A. N. (2017). No Title, 1(2), 58–66.
Fajar, L. (2019). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah SMA Wahidiyah Kediri Tahun Pelajaran 2018 / 2019, 3(1), 1–7.
Hanika Triaryanti, H. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sdn Sumurwelut Iii/440 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 35–39.
Haryanto, H. S. (2017). Implementation Of School Literacy Movement Program To Grow student’s Reading Interest In SMP N 2 Pleret Bantul, V(November), 68–82.
Hidayat, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, (2017), 810–817.
Ismanto, B., Pendidikan, M. M., Tagela, U., Konseling, B., & Pendidikan, M. M. (2017). Kinerja pendidikan dasar dalam implementasi program pendidikan untuk semua, 1–11.
Iswatiningsih, D. (2018). Menerjemahkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Studi Literatur di SMP Negeri 25 Malang). Prosiding Senasbasa, 1(1), 77–83.
Komalasari, & Wibowo. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236
Kurniawan, K. I. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Singaraja.
Kurniawan, K. I., & Sriasih. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls ) Di Sma Negeri 1 Singaraja. E-Journal JJurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2).
Laksono, K., Retnaningdyah, P., Mukhzamilah, Choiri, M., Inayatillah, F., Subandiyah, H., & Nurlaela, L. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama, 47.
Lian, B., & Nopilda, L. (2018). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021, 3(2).
Mitasari, S. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas Di Sdn Gumpang 1, 1–9. https://doi.org/10.3724/SP.J.1141.2012.01075
Mudzanatun, M. (2017). Penyiapan Pendidik Abad 21 Melalui Budaya Literasi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1), 83–90. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1774
Nana, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (p. 2015). PT Remaja Rosdakarya:Bandung.
Nindya Faradina. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280/8962
Noeng. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 2015). Penerbit Rake Sarasin:Yogyakarta.
Peddas, M. (2017). Penyiapan pendidik abad 21 melalui budaya literasi, 7, 83–90.
Pradana. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang, 6(2), 167–179.
Prasetyo. (2018). Manajemin Gerakan Literasi Sekolah di SDN Delik 2 dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca Siswa. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UKSW, 01(02).
Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif Produktif di Sekolah Dasar Suciati. Purwo, Peran Gerakan Literari., 1(3), 85–103.
Purwo, S. (2019). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatifitas
Produktif di Sekolah Dasar. Dewantara, 3(1), 87–103.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Riandika. (2016). Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi dengan Mengash Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearning pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 3(2), 1–18.
Riandika, L. N. (2017). Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi dengan Mengasah Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearning Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 35–40.https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.
Saomah, A. (2018). Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan literasi. Literasi Teknologi, 1(1), 1–10.
Silvia. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah.
Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbarsd.v4i2.7799
Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam program Gerakan Literasi Sekolah, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta:Bandung.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta:Bandung.
Sukiman, R. dan. (2016). Mendidik Anak di Era Digital. In Seri Pendiikan Orang Tua. Jakarta.
Supriyanto, H. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di SMP Negeri 2 pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, V(2), 68–82.
Amirin, Tatang. 2016. Kondisi Insani dan Material Sekolah Menengah Negeri “Pilihan Kedua” di Kota Yogyakarta. Jurnal penelitian ilmu pendidikan Vol.9 (1)
Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.
Haryanto. Samani. 2016. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja rosdakarya offset.
Narwanti, sri. 2011 pendidikan karakter.Yogyakarta: Familia (Grup Relasi Inti Media).Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. 2016: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Permendikbud 23 tahun 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Penumbuhan Budi Pekerti dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Ramly, Mansyur. 2011. Indikator Keberhasilan Siswa Dalam Pengembangan
Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.
Siswanta, Jaka. 2015. Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015).
Teguh, Mulyo. 2017. Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti
Abidin, Yunus, Tita Mulyati & Hana Yunansah, 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampukan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi, Farid, Hamidullah Ibda. 2018. “Media Literasi Sekolah: Teori dan praktik” Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Bahri Djamarah, Syaiful. 2010. “Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif” Jakarta: Rieneka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: PT. Balai Pustaka.
Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farida Rahim, Farida. 2008. “Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar” Jakarta: Bumi Aksara.
H.N.Burhanuddin. 2012. “Al-Qur’an Keluarga”. Bandung: Fitrah Rabbani.
Kaiyun, Suharmono. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa”. Jurnal Pena Indonesia (JPI)
Kalida, Muhsin, dkk. 2014. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (1 Desember 2025), ”Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia”, diunduh dari https://Pendidikan.kulonprogokab.go.id
Laili, Idah, Mumtaz Naqiyyah. 2014. “Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter (Gemar Membaca) Terhadao Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Darul Hikam Cirebon”, Jurnal IAIN Syeikh Nurjati Cirebon.
Lisa Agustrian, Nyimas. Rizkan, dan M. Izzudin. 2018. “Manajemen Program Life Skill”, Bengkulu: Journal of Community Development.
Meliyawati, 2010. “Pemahaman Dasar Membaca”. Yogyakarta: Deepublish.
Sahlan, 2015. Evaluasi Pembelajaran. Jember: STAIN Jember Press.
Selameto, 2010. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi”. Jakarta: Rieneka Cipta.
Silmi, Milliati. 2017. “Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Sejarah melaui Media Puzzle”, Jurnal Departemen Pendidikan Sejarah FPIPS Upi.
Subana. 2000. “Statistik Pendidikan” Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2001. “Penelitian dan Penilaian Pendidikan”. Bandung: Sinar Baru Argensindo.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA.
Sugiyono. 2017. “Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sunarto. Agung Hartono, 2006. “Perkembangan Peserta Didik” Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyusun, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. 2016. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Yaumi, Muhammad. 2016. “Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi” Jakarta: Kencana.