POLA ASUH ORANG TUA DALAM KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG

Isi Artikel Utama

Zakiyah Putri Humairoh
Yuni Tanjung Utami
Neti Asmiati

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran pola asuh orang tua pada kemandirian anak dengan hambatan intelektual dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi dengan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan empat data primer dari 3 orang tua dan 1 guru. Hasil dari penelitian ini didapat pola asuh orang tua dalam kemandrian anak dengan hambatan intelektual pada jenjang SMAKh di SKh Negeri 02 Kota Serang yaitu kedua orang tua anak A. M dan T. Y. A menerapkan pola asuh demokrasi dan orang tua anak I. M. S menerapkan pola asuh campuran yakni pola asuh permisif, pola asuh otoriter dan pola asuh demokrasi. Berdasarkan hasil penelitian ketiga orang tua mempunyai caranya masing-masing dalam mengembangkan kemandirian hal ini dikarenakan adanya perbedaan kepercayaan, kepribadian orang tua dan penerimaan pola asuh yang pernah diterima orang tua. Namun kemandirian anak dengan hambatan intelektual dapat berkembang dengan cara orang tua yang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. Penelitian ini diharapkan dapat membantu menjadi informasi orang tua pada penerapan pola asuh dalam kemandirian anak dengan hambatan intelektual.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Humairoh, Zakiyah Putri, Yuni Tanjung Utami, dan Neti Asmiati. “POLA ASUH ORANG TUA DALAM KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2322–2334. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2951.
Bagian
Artikel

Referensi

Abadi, R. F., Asmiati, N., & Maslahah, S. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pengenalan Organ Kewanitaan Sebagai Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswi Remaja Disabilitas Di Kota Serang Banten . Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol.7, No.1, 58.

Abadi, R. F., Asmiati, N., & Septiani, E. D. (2021). Keterampilan Bimbingan Merawat Diri Pada Anak Dengan Hambatan Ntelektual Usia 12 Tahun Di Kp. Binuang Randu, Kec. Binuang, Kab. Serang-Banten. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. Vol 6, No. 1, 11.

Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 35.

Adpriyadi, & Sudarto. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Pada Subsuku Dayak Inggar Silat. VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 10, no.2, 32.

Amaliana, A., & Afrianti, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP). Vol. 2, No. 1, 59-64.

American Psyhiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Edition-DSM-5. Washinton DC: American Psychiatric Publishing.

Andhika, K., Pratama, T. Y., & Utami, Y. T. (2024). Penerapan Teknik Shaping dalam Meningkatkan Pola Interaksi Sosial Siswa dengan Hambatan Intelektual Ringan Kelas VI di SKH 01 Kota Serang dengan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol. 8, No. 1, 8.

Apsari, Y. E. (2015). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Activity Of Daily Living Anak Autis Kelas Iv Sd Di Slb Citra Mulia Mandiri. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmiati, N., & Maureza, M. I. (2021). Dampak smartphone pada anak dengan hambatan intelektual ringan-sedang. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa. Vol 6, No. 1, 43.

Astati. (2009, Juni 21). Bahan Ajar Kemandirian. Diambil kembali dari UPI: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=04832d2e874d3749JmltdHM9MTcxOTEwMDgwMCZpZ3VpZD0wNmQ2NmZiOC00MTZiLTYzYzQtMDZmNi03YzcwNDAzZDYyZWQmaW5zaWQ9NTE4Mw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=06d66fb8-416b-63c4-06f6-7c70403d62ed&psq=astati+bahan+ajar+kemandirian+upi&u=a1aHR0cDovL2

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA:Jurnal Inovasi Pendidikan Guru, Vol 5, No 1, 108.

Azizah, A. (2020). Pemenuhan Kebutuhan Oleh Orang Tua Pada Anak Tuna Grahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Baumrind, D. (1967). Child care practices anteceding three patterns of preschool behavior. Genetic Psychology Monographs, 75(1), 43–88.

BR, S., & Raman, V. (2021). Influence of parental personality on parenting styles: A scoping review of literature. International Journal of Psychology Sciences. Vol 3, No. 1, 04-11.

Chamidah, A. N. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 85-88.

Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual. Banjarmasin: Prodi PLB FKIP ULM.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Edemekong, P. F., Bomgaars, d., & Sukumaran , S. (2023). Activities Of Daily Living. In StatPearls. StatPearls Publishing.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019 ). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JP2, Vol. 2, No. 2, 250.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Vol. 21, No.1, 36.

Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, Vol. XVIII, No. 1, 154.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING. Vol. 2, No. 1 , 126.

Ghassani, H. N., Utami, Y. T., & Mulia, D. (2021). Penggunaan Teknik Modeling Untuk Mningkatkan Kepercayaan Diri Aanak Tunadaksa. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa. Vol 6, No. 2, 67.

Ginting, A. H., & Ichsan. (2021). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted. Jurnal PGMI, Vol. 13, No. 1, 3.

Hafid, A., Zahro, I. F., & Kasih, D. A. (2023). Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Attanwir : Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan. Vol. 14, No.1, 109.

Hallahan, D. & Kauffman, J. (1991). Exceptional Children. Introduction Special Education. Prentice Hall.

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-Pola Pengasuhan Anak Dini Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 163-164.

Hidayat, A. L., & Ramadhana, M. R. (2021). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Di Yayasan Rumah Bersama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 112.

Hildayani, R., Sugianto, m., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi Perkembangan Anak. Universitas Terbuka.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Indonesia. (2014). Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Seretariat Negara.

Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5871.

Jayanti, D. M., Lestari, R. T., & Riskayanti, N. P. (2020). Relationship Between Parents’ Parenting And Independence Level Of Activity Daily Living (ADL) In Soft Mental Retardation Children. Journal Of Nursing, Vol. 8, Issue 2, 87-94.

Jumiati, & Mudjiran. (2023). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orangtua Dengan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 6, 711.

Kasman. (2020). Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Education and development, Vol.8, No.2, 516.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Sekretariat Jendral Pusat Data Dan Teknologi Informasi. (2021). Statistik Persekolahan 2020/2021. Kota Tangerang Selatan: Pusdatin kemendikbud.

Khoerunnisa, A. (2023). Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Melakukan Activity Daily Living (ADL) Di Desa Tayem-Tiur Karangpucung Kabupaten Cilacap. Skripsi. Purwokerto: UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2016). Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: UNDIP Press.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 8, No. 1, 85.

Listiani, D., Rosliana, L., & Imawati, D. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Empati Pada Remaja. Motivasi, Vol 1, No 1, 2.

Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Malawat, R. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, 19.

Martariani, N. P., Dewi, N. L., & Anom, D. G. (2020). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Activity Of Daily Living Anak Retardasi Mental. Bali Medika Jurnal, 36.

Mistiani, E. (2018). Menggali Potensi Anak Tunagrahita Ringan (Perencanaan). Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Mooy, A. P., & Hendriani, W. (2024). Peran Orangtua Terhadap Peningkatakan Kemandirian Anak Peran Orangtua Terhadap Peningkatakan Kemandirian Anak . Jurnal Social Library. Vol. 4, No. 2, 137.

Oktaviani , R. (2019). Layanan Bimbingan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Melalui Pendekatan Behavioral. Jurnal Al-Isyraq. Vol. 2, No. 2, 162.

Petra, O. A., Hartini, S., & W, B. D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kemandirian ADL (Activity Of Daily Living) Anak Tunagrahita Sedang di SLB N Purwosari Kudus. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR). Vol. 6, No. 1, 2-9.

Piaget, J. (1936). Origins of intelligence in the child. London: Routledge & Kegan Paul.

Pratama, T. Y., Suhaya, & Utami, Y. T. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Tari Jaipong Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Di Sekolah Khusus Negeri 02 Kota Serang Banten. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni , 80.

Pratiwi, A. D. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepribadian Anak Di Desa Gilang Tunggal Makarta Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Skripsi. Lampung: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Jurai Siwo Metro.

Pulungan, Z. S., Purnomo, E., & Baharuddin, N. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Memengaruhi Prestasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Kesehatan Manarang, Vol. 5, No. 1, 8.

Rahman, A., & Adhma, H. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Activities Daily Living Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu. Manuju: Malahayati Nursing Journal, Vol. 1, No. 2, 254.

Rahmatika , S. N., & Apsari, N. C. (2020). Positive Parenting: Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Tunagrahita. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 7, No. 2, 330.

Rahmatunnisa, T., Mulia, D., & Asmiati, N. (2022). Pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa. Vol 7, No. 2, 53.

Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T., . . . Jahja, A. S. (2023). Metedelogi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rayaa, A. F., Ruiz-Olivares, R., Pino, J., & Herruzo, J. (2013). Practices in Disabled Children and its Relationship with Academic Competence and Behaviour Problems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 89, 702-709.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Rohayani, F., Murniati, W., Sari, T., & Fitri, A. R. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 1., 31.

Rudita, R. M., Huda, A., & Pradipta, R. F. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kesadaran Bina Diri Anak Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia. , Vol. 7, No. 1, 8-12.

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Edukasi Nonformal, 144.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60, 2-3.

Sa'adiyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat, Vol. XVI, No. 1 , 35.

Sakinah, U. (2018). Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 70.

Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, Vol. 3, No. 1, 2-9.

Sari, S. F., Binahayati, & T, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM, 220.

Setiawati, Ismaniar, & Syuraini. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Padang: Penerbit Jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfbeta, CV.

Sukmadi, M. R., Sidik, S. A., & Mulia, D. (2020). Kualitas Hidup Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Autism di SKh Madina Kota Serang-Banten). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 3, No.1, 470-472.

Sulistiyowati, A. (2021). Terapi Individual Pada Anak Tunagrahita. Makalah. Jember.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak. Journal of EST, Vol. 2, No. 3, 154.

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4481.

Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4-5.

Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica.

Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 5.

Werni, I., & Zulmiyetri. (2023). Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Sosial Anak Tunagrahita. SOSHUMDIK. Vol.2, No.3, 08-15.

Wuryani. (2010). Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Melalui Pembelajaran Terpadu. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol.22, Th. XIII, 1, 2, 4.

Yakin, I. H. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Garut: CV. Aksara Global Akademia.

Yeni, Utami, Y. T., & Sidik, S. A. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Kinemaster Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Bagi Anak Dengan Hambatan Intelektual Kelas Vii Di Skh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa. Vol 8, No 2, 2-3.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.