PENERAPAN METODE FORWARD CHAINNING TERHADAP KESADARAN PENILE HYGIENE SISWA DOWN SYNDROME DI SKH ELOK ASRI KOTA SERANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode forward chaining terhadap kesadaran penile hygiene pada aspek membersihkan organ seksual pada siswa down syndrome. Kemampuan membersihkan organ seksual terpusat pada pengenalan tata cara membasuh, membersihkan, membilas, dan mengeringkan organ seksual. Metode forward chaining digunakan karena sifatnya membagi tugas menjadi langkah-langkah terkecil dan memudahkan anak berkebutuhan khusus dalam mempelajari sesuatu yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR). Hasil dari penelitian ini berupa peningkatan terhadap kesadaran penile hygiene siswa down syndrome pada aspek membersihkan organ seksual, pada baseline 1 (A-1) diperoleh nilai rata-rata 38%, data yang diperoleh pada fase ini diambil sebelum diberikannya perlakuan (kemampuan awal) pada subjek. Pada fase intervensi (B) subjek mengalami peningkatan dikarenakan adanya perlakuan atau treatment dengan menggunakan metode forward chaining dengan rata-rata nilai 60%. Pada fase baseline 2 (A-2) subjek memperoleh nilai rata-rata 55%, data yang diperoleh pada fase ini diambil secara alami setelah subjek diberikan intervensi pada fase sebelumnya.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. Diakses di https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1793. pada tanggal 2024-01-08 19:45:32
Aziz, S. (2014). Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Kependidikan, 2(2), 182–204. diakses di Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V2i2.559. pada 2024-01-07 20:03:49
Farhan, M. (2023). Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Meningkatan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang Bagi Anak Dengan Hambatan Intelektual Kelas Vii Smpkh Di Skh Elok Asri Kota Serang
Rahmadhani, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Modifikasi Perilaku Forward Chaining Dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Saat Menstruasi Di Slb N Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. diakses di Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/106108/Efektivitas-Penggunaan-Modifikasi-Perilaku-Forward-Chaining-Dalam-Meningkatkan-Kemampuan-Bina-Diri-Anak-Tunagrahita-Saat-Menstruasi-Di-Slb-N-Surakarta-Tahun-Ajaran-20222023. pada 2024-01-07 19:36:21
Hapsari, A. (2019). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Reproduksi Modul Kesehatan Remaja Pria. Wineka Media. diakses di Https://Fik.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2020/10/6.-Buku-Ajar-Kesehatan-Reproduksi-Modul-Kesehatan-Reproduksi-Remaja.Pdf. pada 2024-08-02
Ismawati, & Sinaga, R. (2023). Epidemiologi Kesehatan Reproduksi. Get Press Indonesia. Diakses di Http://Repository.Binawan.Ac.Id/3274/1/Book%20chapter%20epidemiologi.Pdf pada 2024-08-02
Juandi, N., & Tirta, S. (2018). Penerapan Forward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Baju Pada Anak Penyandang Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 302. Diakses di Https://Doi.Org/10.24912/Jmishumsen.V2i1.1676. pada 2024-01-07 20:06:01
Purbono, I. A. (2015). Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Familyedu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(2), Article 2. diakses di Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Familyedu/Article/View/4778. pada 2024-02-08 12:50:56
Reza, R. F. A., Asmiati, N., & Maslahah, S. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pengenalan Organ Kewanitaan Sebagai Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswi Remaja Disabilitas Di Kota Serang Banten. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), Article 1. diakses di Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V7i1.696. pada 2024-11-12
Sari, R. (2014). Efektifitas Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru [Universitas Sultan Syarif]. Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/4723/
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Fai-Universitas Muhammadiyah Jakarta, 16.1, 31–46
Tyas, A. P. M., Yunita, Y., Mardhika, A., Fadliyah, L., & Susanto, J. (2021). Tingkat Pengetahuan Ibu Memengaruhi Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Prasekolah. Nurscope: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30659/Nurscope.7.1.38-44