PERENCANAAN KEUANGAN ISLAM: PERSPEKTIF PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perencanaan keuangan Islam adalah pendekatan pengelolaan keuangan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah, yang tidak hanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan finansial, tetapi juga untuk memastikan keadilan sosial dan moralitas dalam transaksi keuangan. Meskipun literasi keuangan merupakan aspek penting dalam pendidikan dasar, perencanaan keuangan Islam masih jarang diajarkan di sekolah-sekolah, meskipun memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi literatur yang ada mengenai integrasi perencanaan keuangan Islam dalam kurikulum pendidikan dasar. Melalui pendekatan literature review, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar dalam perencanaan keuangan Islam, relevansinya dalam pendidikan, serta tantangan dan peluang dalam mengintegrasikannya ke dalam kurikulum pendidikan dasar. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam penerapan materi perencanaan keuangan Islam di sekolah, integrasi materi ini berpotensi besar untuk meningkatkan literasi keuangan siswa dan membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab secara sosial. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan untuk guru dan pengembangan materi ajar yang sesuai untuk memastikan keberhasilan integrasi perencanaan keuangan Islam dalam pendidikan dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Al-Qaradawi, Y. (2021). The Islamic Approach to Wealth Management. Dar Al-Qalam.
Ibrahim, M., & Saleh, A. (2020). The Role of Zakat in Islamic Financial Education. Journal of Islamic Economics and Finance, 28(2), 100-115.
Mulyadi, D. (2023). The Integration of Islamic Financial Education into the National Curriculum. International Journal of Islamic Education, 15(1), 45-60.
Muna, S. (2022). Implementasi Kurikulum Keuangan Syariah dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 12(4), 211-230.
Saeed, A. (2020). Islamic Financial Planning: Principles and Practices. Islamic Finance Academy.
Sulaiman, A. (2021). Tantangan dalam Implementasi Pendidikan Keuangan Islam di Sekolah. Journal of Islamic Education Studies, 16(3), 55-72.
Mandell, L., & Klein, L. (2020). The Impact of Financial Literacy Education on Financial Behaviors. Journal of Financial Education, 46(2), 107-125.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022). Laporan Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan.
Hasan, F. (2021). Integrating Islamic Financial Education into the Curriculum. Islamic Studies Journal, 22(5), 123-135.
Latifah, M. (2021). Financial Education in Islamic Perspective. Islamic Economics and Finance Journal, 19(3), 56-67.
Suryani, R. (2022). The Role of Financial Literacy in Improving Youth Financial Behavior. Journal of Economics and Social Studies, 11(1), 89-102.
Zaki, M., & Azhar, A. (2020). Financial Education in the Islamic Context: Challenges and Opportunities. Journal of Islamic Financial Studies, 8(2), 152-164.
Iqbal, M. (2020). The Basics of Islamic Finance: A Student's Guide. Oxford University Press.
Alam, R., & Khan, M. (2021). Financial Planning and Its Ethical Implications in Islamic Finance. Journal of Islamic Finance and Banking, 17(4), 230-245.
Nurdin, M., & Yusuf, R. (2020). Zakat as a Tool for Financial Inclusion in Islamic Finance. Islamic Economic Review, 24(3), 98-112.
Rashid, S. (2020). Teaching Islamic Finance: Curriculum Design and Implementation. Journal of Islamic Business Education, 13(2), 135-146.
Widyastuti, R. (2022). Integrating Islamic Financial Education into Secondary School Curriculum in Indonesia. International Journal of Education and Development, 10(3), 88-100.
Raza, N., & Hassan, A. (2021). Enhancing Financial Literacy Through Islamic Principles: A Comparative Study. Journal of Finance and Islamic Studies, 16(1), 125-138.
Haq, S. (2020). Teaching Financial Planning in Islamic Schools: A Comparative Analysis. Journal of Islamic Education, 18(2), 45-58.
Usmani, M. T. (2021). An Introduction to Islamic Finance: Theory and Practice. Islamic Finance Publishing.