PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPAS masih berada dibawah KKTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas V SD di SD Negeri 99 Palembang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian ekperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan dari hasil hipotesis uji Wilcoxon Match Pairs Test dilihat dari Mean Ranks Positive Ranks mengalami peningkatan sebesar 10,50 dan Negative Ranks tidak mengalami penurunan yaitu sebesar 0,00 dimana artinya terjadi peningkatan hasil belajar IPAS siswa setelah mendapatkan treatment, serta diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 ≤ 0,05, maka dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, sesuai kriteria pengujian hipotesis jika Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Game Based Learning (GBL) berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustina, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Aini, Ida Nur; Widyawati, Zhafarina Harin; Shofiana, Ana Maria; Wulandari, Fiska Noviana; Nabilah, Evia Raihanatun; Hilyana, F. S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 1186–1197. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/ 2691
Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.356
Fatah, R. P., Kisai, A. A., & Labudasari, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan, 7(1), 29–40. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/101/ 117
Febrianti, F. A., Alani, N., & Al-Fikri, H. A. (2024). Implementasi Sistem Gamifikasi Berbasis Educaplay sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 685–693. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91642
Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Ginting, N. B., & Sitepu, R. W. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Ips Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di SD 020254 Kota Binjai. Jurnal Curere, 7(2), 95–102. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/Ojssystem/index.php/CURERE/article/viewFile/1195/729
Iskandar, Akbar; Aimang, Hasrat A; , Risnanosanti; Hanafi, Hanisah; Maruf, Nirwanto; Fitriani, Rita; Haluti, A. (2023). Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Era Digital (A. Iskandar (ed.); Issue June). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Kreatif_dan_Inovatif_di_Era/8EbGEAAAQBAJ?hl
Karunia, I., Destiniar, & Handayani, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(April), 20–28. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. In Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Lestari, D. A., Destiniar, & Handayani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 89 Palembang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 154–162. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9365
Lian, B., & Amiruddin. (2021). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan SDM Berkualitas di Era Disrupsi dan Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan Dan Universitas PGRI Palembang, November, 12–15. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8254
Mu’in. (2024). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran. Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya. https://books.google.co.id/books/about/Langkah_Tepat_Meningkatkan_Hasil_Belajar.html?id=oB0EEQAAQBAJ&redir_esc=y
Purnomo, Agus; Kanusta, Maria; , Fitriyah; Guntur, Muhammad; Siregar, Rabiatul Adawiyah; Ritonga, Supardi; Nasution, Sri Ilham; Maulidah, Siti; Listantia, N. (2022). Pengantar Model Pembelajaran (I. Yahya, Muhamad; Andrias; Abbas (ed.)). Yayasan Hamjah Diha. https://repository.radenintan.ac.id/23905/1/68.%20Pengantar%20Model%20Pembelajaran.pdf
Rahayu, A. W., Azizah, I. N., Ratnawati, Y. D., Shufiyah, S. S., Juhaeni, J., Purwanti, A. A., & Safaruddin, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning “One Board” terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 46–53. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/305
Rifky, Sehan; Suhirman, Lalu; Kurniawati, Ike; Abdurahman, Ayi; Sutiyatno, Sukris; Santika, Tika; Nurjanah; Fihrisi, Fathan; Nur, Mohammad Djamil M; Patriasih, Rita; , Kalip; Indiati, I. (2024). Buku Ajar Model dan Strategi Pembelajaran. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4105-M1.pdf
Samosir, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 48–62. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/8
Siregar, P. D., & Sitepu, M. S. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammdiyah 01 Medan. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 3(2), 263–271. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/article/view/5099
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/10795/Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS.pdf
Tantri, K., Handayani, W., & Amiruddin. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bangkiring Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan, 1(1), 81–91. https://journal.bangkiringjaya.org/index.php/bjipp/article/view/66
Widayanthi, Desak Gede Chandra; Subhaktiyasa, Putu Gede; , Hariyono; Wulandari, Cok Istri Agung Sri; Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books/about/Teori_Belajar_dan_Pembelajaran.html?id=kWQXEQAAQBAJ&redir_esc=y