PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV GUGUS PERUM KECAMATAN KARANGTENGAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas IV Gugus Perum Kecamatan Karangtengah, dan pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas IV Gugus Perum Kecamatan Karangtengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian menggunakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan dan diuji pre-test dan post-test non-equivalent. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Gugus Perum kepada siswa kelas IV bahwa hasil siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81,18 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 69,38. Berdasarkan uji t dengan dk=64 dan taraf signifikan a=5% diperoleh hasil t hitung = 2,219 dan t tabel = 1,998. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai t hitung >t tabel, karena t hitung berada pada daerah penerimaan Ha sehingga H0 ditolak maka hipotesis penelitian diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sesudah menerapkan model pembelajaran scramble lebih baik dari pada yang tidak menerapkan model pembelajaran scramble pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Gugus Perum Kecamatan Karangtengah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Ariana, R. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Scramble. .
Choerifki, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE SISWA KELAS V SDN PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA. Basic Education.
Eriyanti, F. (2023). Penerapan Metode Scramble Dalam Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD. Jurnal.Ustjogja.Ac.Id, 1(1), 103–105.
Goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A., & Perdana. (2018). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Handayani, S., Lestari, R., & Dahlia. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Satu Atap Kepenuhan Hulu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian ABSTRAK, 1–5.
Handin, H., & Nadziroh, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Tematik Muatan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iii Se-Gugus 3 Sanden Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2).
Kalsum, U., Sulistyarini, S., & Achmadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–12.
Karlinawati, S., Rosmaiyadi, R., & Utami, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas Viii. Journal of Educational Review and Research, 4(1),
Manalu, W. R., & Siregar, E. Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Pandan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 93–98.
Mida, W. (2022). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKN Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Di SD Negeri Komala Pagi Wakatobi. Journal Of International Multidiciplinary Research, 1(1), 112–119.
Nafis, N. S. (2015). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Universitas Pendidikan Indonesia.
Sagala, L. D. V. (2019). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis (Vol. 15, Issue 2).
Sahara, I. D., Tahir, M., & Hakim, M. (2022). PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS IV KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019 Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan menyusun program pengajaran dengan baik , yakni memilih dan mengembangkan strategi hasil ya. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 15–23.
Subhi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Manba’ul Ulum Lempuing Jaya.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Tiara, L., Devi, P., & Santi, E. (2023). Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Rejang Lebong. 8(2), 153–161.
Widiantari, N. N., Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(: 2), 1–10.
Winarno. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. In Pendidikan Pancasila:
Menempatkan Pancasila Dalam Konteks Keislaman Dan Keindonesiaan.
Wiwik Okta Susilawati, Sri Yunimar Ningsih, V. A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV SD Negeri 03 Tiumang. Jurnal Sinestesia, 12(2), 334–345.