DAMPAK KEBIJAKAN LARANGAN PUNGUTAN TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI KABUPATEN KARAWANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan larangan pungutan di sekolah negeri terhadap motivasi dan kinerja guru. Kebijakan ini diterapkan di Karawang melalui Instruksi Bupati Nomor 100.3.4.2/322/Inspt/2025, yang melarang pungutan, termasuk iuran sukarela dari orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap enam guru sekolah dasar dan menengah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kebijakan tersebut tidak menurunkan motivasi intrinsik guru. Meskipun mengalami keterbatasan fasilitas, guru tetap berkomitmen tinggi dan berinovasi dengan memanfaatkan bahan ajar digital dan kolaborasi antar guru. Namun, kebijakan ini menyebabkan penurunan ketersediaan sarana pembelajaran yang sebelumnya didukung oleh iuran sukarela. Dukungan dari institusi pendidikan, seperti Dinas Pendidikan dan sekolah, masih dirasakan belum optimal, sehingga guru mengharapkan peningkatan fasilitas dan pelatihan. Di sisi lain, kebijakan ini berpotensi memperbaiki hubungan antara sekolah dan masyarakat dengan mengurangi beban biaya bagi orang tua. Namun, tanpa dukungan pendanaan yang jelas, kebijakan ini dapat menimbulkan frustrasi di kalangan guru dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan larangan pungutan berpotensi meningkatkan transparansi pendidikan, namun membutuhkan dukungan yang lebih besar untuk menjaga kualitas pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.
Frey, B. S. (1997). Not just for the money: An economic theory of personal motivation. Edward Elgar Publishing.
Halimahturrafiah, N., Marsidin, S., Anisah, & Rifma. (2023). The Influence of Teacher Competence and Work Motivation on the Performance of State High School Teachers. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3), 362–369. https://doi.org/10.23887/jere.v7i3.65937
Ingsih, K., Astuti, D., Suhana, S., & Ali, S. (2021). Improving Teacher Motivation and Performance through Communication, Work Discipline, Leadership and Work Compensation. Academy of Strategic Management Journal, 20(1). https://www.abacademies.org/articles/improving-teacher-motivation-and-performance-through-communication-work-discipline-leadership-and-work-compensation-10315.html
Lintas Karawang. (2025). Bupati Karawang Instruksikan Larangan Pungutan di Satuan Pendidikan Negeri. Diakses dari: https://lintaskarawang.com/2025/02/12/bupati-karawang-instruksikan-larangan-pungutan-di-satuan-pendidikan-negeri/
Nery, F. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri. Universitas Medan Area. Diakses dari: https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/15324/2/181801004%20-%20Fitri%20Sovia%20Nery%20-%20Fulltext.pdf
Ningsih, R. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/337959-pengaruh-motivasi-kerja-guru-terhadap-ki-799c9a9c.pdf
Putro, D. A. (2020). Kontribusi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Universitas Widyayuwana. Diakses dari: https://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/637/1/SKRIPSI%20REMASTERED%20%28DAVIT%20ANGGORO%20PUTRO%20182965%29%20FIX%20BE.pdf
Rahman, A., & Putri, D. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia: Dampak terhadap Guru dan Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan. Diakses dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/3489
Raza, A., & Zahra, N. (2024). Examining the Impact of Primary School Teacher Professional Development Programs on Teacher Motivation, Pedagogical Practices, and Student Learning Outcomes in Pakistan: A Quantitative Analysis. Indonesian Journal of Educational Science and Technology, 3(1). https://doi.org/10.55927/nurture.v3i1.7970
Setiawan, R. (2023). Dampak Pendidikan Gratis terhadap Siswa dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan UNS. Diakses dari: https://jurnal.uns.ac.id/pendidikan/article/view/12987
Stumbrienė, D., Jevsikova, T., & Kontvainė, V. (2023). Key factors influencing teachers’ motivation to transfer technology-enabled educational innovation. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11891-6
Wahyuti, Y., & Boussanlègue, T. (2025). Empowerment Leadership in Improving Teacher Motivation and Performance in Educational Environments. PPSDP International Journal of Education, 4(1), 182–191