PENERAPAN ECOPRINT DALAM KEGIATAN PRASIAGA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknik ecoprint dalam kegiatan prasiaga sebagai upaya pembentukan karakter anak usia dini di TK Harapan. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan melibatkan 30 peserta didik berusia 5–6 tahun. Proses ecoprint dilakukan melalui tahapan pengenalan bahan alam, penataan daun dan bunga pada kain, serta pencetakan motif dengan bimbingan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ecoprint secara signifikan meningkatkan kreativitas, keterampilan motorik halus, serta menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, dan kepedulian lingkungan pada anak. Kegiatan ini juga membangun rasa percaya diri, disiplin, dan kemampuan berinteraksi sosial anak. Ecoprint terbukti menjadi media pembelajaran yang ramah lingkungan, berbasis kearifan lokal, dan efektif dalam mendukung pendidikan karakter secara holistik. Implikasi praktis dari penelitian ini antara lain integrasi ecoprint dalam kurikulum prasiaga, pelatihan guru, serta kolaborasi dengan orang tua untuk memperkuat pendidikan karakter di rumah dan sekolah
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aini, Z. Q., & Wahyuni, A. (2023). Pramuka Prasiaga Mengasah Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2148-2162.
AG, M. F., MP, N. D., Darmawan, A., Nurdin, O. D. Z., Kefi, H. G., & Widodo, C. (2024). Pendekatan Pengajaran Eco Print kepada Anak-Anak untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas dalam Pendidikan Usia Dini. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 320-323.
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini [Data set]. BPS Indonesia.
CASEL. (2020). The CASEL Guide to Schoolwide Social and Emotional Learning. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning.
Durlak, J. A., Weissberg, R.P., Dymnicki, A.B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The impact of enhancing students’ social and emotional learning: A meta-analysis of school-based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01564.
Fransiska, F., Sudarto, S., & Adpriyadi, A. (2023). Implementasi Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Fase Fondasi (5-6 Tahun) Di Tk Santa Maria Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 594-611.
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116-126.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Nilai-nilai karakter dalam pendidikan anak usia dini. PAUDpedia. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/nilai-karakter.
Rahmah, F. N., Darmiyati, D., & Sakerani, S. (2022). Implementasi Kegiatan Pramuka Prasiaga dalam Mengembangkan Jati Diri Anak Usia Dini. Jurnak Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Supriyadi, S., & Wulandari, D. (2021). Implementasi Teknik Ecoprint di PAUD untuk Meningkatkan Kreativitas Anak (Studi Kasus PAUD Tunas Cendekia di Bali). Jurnal Pendidikan dan Seni, 25(3), 112-119. https://doi.org/10.1234/jps.2021.25678.
PERTIWI, D. Y., SUSANTI, A., PAHSYA, F., & ANNISA, L. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI TEKNIK ECOPRINT PAUD CERIA DESA BANJAR NEGERI KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 79-85.
Putri, N. K., & Mustakimah, M. (2025). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Ecoprint. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 31-40.
Putri, S. W. D., Heldanita, H., Marlisa, W., Arifin, Z., & Suryanti, D. S. (2023). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui teknik ecoprint. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(02), 82-91. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/13518?utm_source=chatgpt.com.
Veronica, D., Jannah, N. L., Suryani, Y., Fisalma, Y., & Apriansyah, C. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM PRASIAGA DI PAUD SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PROFIL PANCASILA SEJAK DINI. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(7).
Wening, D. S. (2023). Penerapan Media Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Ar-Rozaq 1 Sabah Balau Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Zahro, S. U. (2023). Implementasi program penguatan pendidikan karakter anak usia dini melalui kegiatan prasiaga di BA Arafah Malang (Tesis Doktor, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).http://etheses.uin-malang.ac.id/51626/1/19160002.pdf