EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD SWASTA BUDI MURNI 2

Isi Artikel Utama

Litani Siregar
Regina Sipayung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis diskusi kelompok dan bimbingan individual yang didukung oleh media pembelajaran interaktif. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan melibatkan 36 siswa sebagai peserta penelitian. Setiap siklus meliputi empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest), observasi, serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai rata-rata, simpangan baku, nilai tertinggi, dan nilai terendah pada setiap tahap. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan signifikan, yaitu dari 58,5 pada tahap awal menjadi 70,5 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,5 pada siklus II. Selain itu, analisis statistik inferensial menggunakan uji t-berpasangan mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada setiap siklus (p ≤ 0,05). Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa metode diskusi kelompok pada siklus I berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus II, bimbingan individual membantu siswa yang masih kesulitan untuk mencapai ketuntasan belajar. Media interaktif yang digunakan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar mereka.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Litani, dan Regina Sipayung. “EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD SWASTA BUDI MURNI 2”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2559–2567. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3049.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1), 807-814.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Belford, R. E. (2013). Review of learning theories: An educational perspective.

Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.

Barokah, A., Khasanah, F. N., Azzahra, S. S., & Dewi, N. (2024). Studi Literatur: Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 485-497.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Medi

Hattie, J. (2008). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge

Ilmiah, A. R., & Dewi, E. M. P. (2022). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika Trigonometri untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. METAPSIKOLOGI J. Ilm. Kaji. Psikol, 1(1), 22-29.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1989). Cooperation and competition: Theory and research. Interaction Book Company

Malinda, E. Q., & Hendratno, H. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Transitif Dan Intransitif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85-139). Academic Press.

Nugraha, B. F. M., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Kelas III pada Materi Perubahan Benda. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 181-186.

Piaget, J. (2005). The psychology of intelligence. Routledge.

Sabri, Z., Fakhri, Y., & Moumen, A. (2022). The effects of gamification on E-learning education: Systematic literature review and conceptual model. Statistics, Optimization & Information Computing, 10(1), 75-92.

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.