PENINGKATAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR SISWA KELAS I MELALUI MEDIA GAMEBOARD BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD SWASTA BUDI MURNI 2 MEDAN

Isi Artikel Utama

Aliyah Rumini Larasati
Regina Sipayung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas I melalui penerapan media gameboard berbasis budaya lokal secara kolaboratif dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Budi Murni 2 Medan, yang beralamat di Jalan Kapiten Purba I No.18 Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I-A yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes pemahaman siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil tes awal (pra-siklus) menunjukkan nilai 53,88, dengan persentase ketuntasan belajar 27,78%; (2) Pada akhir siklus I, terjadi peningkatan rata-rata nilai menjadi 74,44 dengan ketuntasan belajar 66,67%; (3) Pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan belajar mencapai 91,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gameboard berbasis budaya lokal secara kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar pada mata pelajaran Matematika kelas 1 SD Swasta Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2024/2025.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Larasati, Aliyah Rumini, dan Regina Sipayung. “PENINGKATAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR SISWA KELAS I MELALUI MEDIA GAMEBOARD BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD SWASTA BUDI MURNI 2 MEDAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2596–2603. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3055.
Bagian
Artikel

Referensi

Hasibuan, D., & Nasution, A. (2023). Pengaruh Media Edukatif Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45–56.

Marlina, N., Sari, M. K., & Utami, R. (2021). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 88–96.

Putri, A. I., & Hidayat, R. (2022). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 112–121.

Suyadi, & Ulfah, M. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yuliani, K. (2021). Model Bermain dalam Pembelajaran Matematika untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 25–34.