PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI “AKSARA JAWA” MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PASAR JAWA (PAPAN AKSARA JAWA) DI KELAS V SD NEGERI BENDUL MERISI 408 SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik serta mengetahui apakah dengan penggunaan media Pasar Jawa (Papan Aksara Jawa) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi “Mengenal Aksara Jawa” melalui model pembelajaran problem based learning di kelas V SD Negeri Bendul Merisi Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA SD Negeri Bendul Merisi Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pasar Jawa dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Mengenal Aksara Jawa” di kelas V SD Negeri Bendul Merisi Surabaya. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 64.52% peserta didik yang tuntas, pada siklus II yaitu 80.65% peserta didik yang tuntas. Selain itu, peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari nilai akhir rata-rata kelas daei siklus I ke siklus II, pada siklus satu nilai akhir rata-rata kelas adalah 67.42 dan meningkat pada siklus II menjadi 85. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan media PASAR Jawa (Papan Aksara Jawa).
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Erawati, Desi. 2022. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan.” Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022 5(1).
Julyanti, Eva, Indah Fitria Rahma, Olivia Dwi Candra, and Hairun Nisah. 2021. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS) 7(1).
Putri, Hardika Amelia, and Heru Subrata. 2024. “Pengembangan Media Cakap Aksara Jawa (CAKRA) Berbantuan Aplikasi Genially Untuk Keterampilan Membaca Aksara Jawa Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” JPGSD 12(4):541–52.
Suhirman, Suhirman. 2021. Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: Sanabil.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2).
Wartini, Yeni, Djuita Hidayati, and Afifurrahman. 2023. “Penggunaan Alat Peraga Tangga Satuan Berat Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Alifbata 1(1).