ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA KELAS 3 SD 17 PALEMBANG DALAM KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan membaca dan menulis siswa kelas tiga SD Negeri 17 Palembang serta dampak dari faktor-faktor tersebut terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal, disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan tingkat kesulitan yang tinggi dalam memahami huruf, memahami makna bacaan, dan membaca lancar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, observasi guru, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti kurangnya kemampuan membaca, gangguan perkembangan (seperti kebutuhan khusus anak), dan keterbatasan kosakata menjadi penyebab utama kesulitan membaca. Sebaliknya, faktor eksternal meliputi lingkungan rumah yang tidak terlalu kondusif untuk belajar, metode pengajaran yang tidak terlalu fleksibel, dan rendahnya akses terhadap bahan bacaan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
fazila, N. (2020). Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V di MIN 7 Pidie Jaya. Banda Aceh.
Nirmala, S. D. (2022). Problematika rendahnya kemampuan literasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 393-402.
Oktaviyanti, Z. H. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca- Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1.
Pratiwi, M. S. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Literasi Siswa di Sekolah Dasar . Jurnal Riset Guru Indonesia , 179.
Sembiring, A. H. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran, 77-78.
Sennen, Y. W. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 19-25.
siti, R. (2020). Faktor Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca dan Menulis Kelas IV Di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. BENGKULU.
Sugito, A. F. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7.
Turnip, T. F. (2022). Pentingnya andministrasi sarana dan prasarana pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 186.
zul Hijjayati, M. M. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1.