PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TV BOX BERBASIS STRATEGI PARODI LAGU METERI BENTUK ENERGI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SDN 18 BABANA CIMPU KABUPATEN LUWU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu pada materi bentuk energi untuk melatih keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN 18 Babana Cimpu, Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian meliputi: (1) menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran TV Box berbasis parodi lagu; (2) merancang dan mengembangkan media tersebut; (3) menguji kevalidan media dari aspek materi, media, dan bahasa; (4) menilai kepraktisan media berdasarkan respons guru dan siswa; serta (5) mengukur efektivitas media dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV dan satu guru wali kelas di SDN 18 Babana Cimpu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif, mengalami kesulitan memahami materi, dan lebih tertarik belajar melalui lagu. Validasi media memperoleh skor dari ahli media sebesar 81,81%, ahli materi 81,25%, dan ahli bahasa 86,11%, yang semuanya masuk kategori sangat valid. Kepraktisan media dinilai sangat praktis oleh guru (84,37%) dan siswa (95%). Uji efektivitas menunjukkan nilai N-gain pada setiap indikator berada pada rentang 0,45–0,74 (kategori sedang hingga tinggi). Dengan demikian, media pembelajaran TV Box berbasis strategi parodi lagu efektif meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada materi bentuk energi
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
AF, Gerremy, Friendha Y, and Jarmani. “Pengembangan Media Audio Visual Materi Gaya Dan Pesawat Sederhana Kelas IV SDN Greges 129 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1, no. 4 (2023): 180. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/30207/21746.
Alisnaini, A. F., F. Syahira, V. Ariyani, S. Syahrial, dan S. Noviyanti. "Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (2022).
Arofah, Rahmat, dan Hari Cahyadi. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Berliana, Dinda, and Cucu Atikah. “Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Citra Pendidikan 3, no. 3 (2023): 1109. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963.
Irawan, Ardy, dan M. Arif Rahman Hakim. "Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs." Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.33373/pythago
Marpaung, Serly, Nur Azura Tambunan, Kholiah Ulfi, Naldi Hasbullah Batubara, Anil Raihan Daulay, dan Muhammad Putra Dinata Saragi. "Peran Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022).
Meiliasari, Rosana, et al. "Pengembangan Game Edukasi ‘Playergy’ Sebagai Media Pembelajaran Perubahan Energi Bagi Siswa SD / Development of the Educational Game 'Playergy' as a Learning Media for Energy Changes for Elementary Students." Journal on Education 5, no. 3 (2025).
Miftakhuddina, Nurdin Kamila, dan Hadi Hardiansyah. "Implikasi Empat Modalitas Belajar Fleming terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar." Sangkalemo: The Elementary School Teacher Education Journal 1, no. 2 (2022).
Munir, Nilam Permatasari. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E-Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 6, no. 2 (2018): 167–78. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454.
Nurdin K. dan Ahmad Munawir. "Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran Konsep Bunyi di Sekolah Dasar." Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 2 (2020).
Rahayu, Dian Rosdiana. Strategi Jitu Guru Kreatif. Cetakan pertama. Jakarta: Prenada, 2022.
Ramlah. “Pengaruh Kemampuan Mengingat Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vi Mi An-Nashar Makassar.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 7, no. 2 (2019): 73.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian (Jakarta: Alfabeta, 2005)
Safitri, Erica Meilia, Izza Fauziah Maulidina, Nurul Iqdami Zuniari, Tsabitah Amaliyah, Said Wildan, and Supeno Supeno. “Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Alam Tentang Biopori.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2654–63. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2472.
Safitri, Erica Meilia, Izza Fauziah Maulidina, Nurul Iqdami Zuniari, Tsabitah Amaliyah, Said Wildan, and Supeno Supeno. “Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Alam Tentang Biopori.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2654–63. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2472.
Saodi, Syamsuardi, et al. "Metode Storytelling Dengan Musik Instrumental Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Sholiha, Sangidatus, et al. "Analisis Validasi terhadap Pengembangan Buku Ajar Digital Disertai Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Nilai Profetik pada Mata Kuliah Kewirausahaan." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 10, no. 1 (2022).
Suci Hanifah Nahampun, Prissy Patrisia Gurning, Rahmad Nexandika, Yusnia Aya Astuti Zalukhu, and Michelle Evelyne Sianturi. “Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Game Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2024): 67. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2415.
Sukarelawa, Moh Irma, Toni Kus Indratno, dan Suci Musvita Ayu. N-Gain vs Stacking. Cetakan pertama. Yogyakarta: Penerbit Suryacahya, 2024.
Suryani, Lilis, Muhammad Kadri, and Arwan Wiratman. “Pengembangan Peta 3D Berorientasi Kearifan Lokal Sulawesi Selatan Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4, no. 1 (2024): 84–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1131.
Wulandari, Amelia Putri, et al. "Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar." Journal on Education 5, no. 2 (2023). http://jonedu.org/index.php/joe.