MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Isi Artikel Utama

Arwan Wiratman
Miftahul Jannah
Bungawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN 24 Temmalebba Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain rancangan, kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi nilai-nilai keislaman peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas VI dan satu orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan sebuah media pembelajaran yang diintegrasikan dengan video, audio, animasi, serta kuis Hasil validitas media menunjukkan skor dari ahli media sebesar 81,25%, ahli materi 89,29%, ahli bahasa 86,35%, dan ahli keagamaan 95% seluruhnya termasuk kategori sangat valid. Hasil angket kepraktisan menunjukkan kriteria sangat praktis oleh guru dengan skor 87,5% dan oleh siswa dengan skor 81,65%. Uji efektivitas siswa memperoleh nilai N gain setiap indikator berada di rentang 0,49-0,76, dengan kategori sedang hingga tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VI Sekolah Dasar valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wiratman, Arwan, Miftahul Jannah, dan Bungawati Bungawati. “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Oktober 14, 2025): 3443–3454. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3636.
Bagian
Artikel

Referensi

Anisa, Tresnoningtias Mutiara, Kasmadi Imam Supardi, and Sri Mantini Rahayu Sedyawati. 2014. “Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Kimia.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 8 (2): 1398–1408. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis.

Azira, Luh Pt Putrini Mahadewi, and Ngurah Japa. 2019. “Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Mimbar Ilmu 24 (1): 73–81.

Azizah, Humairoh, Sukarno, and Zainal Hartoyo. 2023. “Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi.” Physics and Science Education Journal 3 (1): 1–9.

Chan, Faizal, Hendra Budiono, and Panut Setiono. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar.” Elementary School Education Journal 3 (1): 15.

Gusdiantini, Lela, Ani Nur Aeni, and Asep Kurnia Jayadinata. 2017. “Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Pena Ilmiah 2 (1): 652.

Irawan, Andy, and M.Arif Rahma. Hakim. 2021. “Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (1): 91–99.

Lukman, Khairunnisa, and Shasliani. 2023. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran PAI Di UPTD SD Negeri 12 Kota Parepare,” 943.

Mohamad, Goenawan, and Dkk. 2020. Sains, Sainstisme, Dan Agama. Jakarta: Mengeja Book.

Mufidah, Diina, and Dkk. 2023. Integrasi Nilai-Nilai Islam Dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbit Universitas PGRI Semarang Press.

Nugroho, and Hidayat. 2020. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Mengamati Dan Memahami Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (1): 45–52. https://doi.org/https://doi.org10.26877/jipd.v5i1.5267.

OECD. 2023. PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Pramanik, Hanifah Niki. 2023. “Perbedaan Keterampilan Proses Sains Yang Menggunakan Model Children Earning In Science (CLIS) Dan Keterampilan Proses Sains Yang Menggunakan Metode Konvensional Kelas V Sekolah Dasar.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. 2022. “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA Dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi Dan Numerasi.” Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran 1 (1): 1–12. https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika DOI:

Rini, Ninik Puspito, Wahono Widodo, and Fikky Dian Roqobih. 2024. “Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Makhluk Hidup.” Journal of Science Education 4 (1): 312–20. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1127.

Safira, Rohatul Fikriyah, and Dede Salim Nahdi. 2024. “Keragaman Perangkat Lunak Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Madinasika 5 (2): 68.

Safitri, Meilani, and M.Ridwan Aziz. 2022. “Addie Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning.” Jurnal Pendidikan Dasar 3 (2): 54. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd%0AADDIE.

Sukarelawa, Moh Irma, Toni Kus Indratno, and Suci Musvita Ayu. 2024. N-Gain vs Stacking. Cetakan Pe. Yogyakarta: Penerbit Suryacahya.

Sulastri, Susi, Oyib Sulaeman, and Susan Nurhayati. 2021. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Eksperimen,” 63.

Utami, Bunga Adzkiah, Amelisa Siahaan, Anestasya Amanda, Devi Ruth, Chayana Saragih, and Madeline Samaeri Harefa. 2024. “Analisis Keterampilan Abad 21 Yang Dibutuhkan Oleh Guru Untuk Menghadapi Tantangan Global.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu 8 (6): 69–74.

Wiratman, Arwan, Bungawati, and Nadila Widianti. 2025. “Modul Android Berbasis Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 5 (1): 106. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v5il.2510.

Wulandari, Novie, Veryliana Purnamasari, and Filia Prima Artharina. 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘Si Jenaka’ Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD.” Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSD 10 (01): 227.