ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI SUMBER ENERGI DISEKITARNYA MELALUI EKSPERIMEN KINCIR ANGIN DAN PARASUT PADA SISWA KELAS 3 SDN 105 PEKANBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelas 3 SDN 105 Pekanbaru terhadap materi sumber energi disekitarnya melalui kegiatan pembelajaran berbasis eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 19 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari observasi dan tes yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Kegiatan eksperimen dilakukan melalui pembuatan kincir angin dan parasut untuk mengenalkan konsep energi angin secara konkret dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26,3% siswa berada dalam kategori sangat tinggi, 15,8% tinggi, 31,6% cukup, 10,5% rendah, dan 15,8% sangat rendah. Nilai rata-rata pemahaman siswa adalah 66,8 dengan standar deviasi 24,7. Pembelajaran berbasis eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat keterampilan proses sains, serta memudahkan pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, A. R. M., Khairunnisa, A., Sari, I. P., Atsir, M. R., Gumelar, R. C., Budiargo, W. F., & Sukmawati, W. (2025). Hakikat Pendidikan IPA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,. 3.
Fadilah, A. A., Ahmad, F. F., Nurachman, S., & Auliyah, F. (2025). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 11(4). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2023). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Ismunayah, R., Uswatun, D. A., Nurasiah, I., Sutisnawati, A., & Sukabumi, U. M. (2025). Peningkatan Keterampilan Proses IPA Melalui Pendekatan Science , Environment , Technology , and Society ( SETS ) di Sekolah Dasar ELSE ( Elementary School Education. 9(1), 85–96.
Lestari, C. A., Hamid, S., & Nurwidyayanti. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa UPT SPF SD Kalukuang IV Kota Makassar. 1(1), 14–19.
Marjuni, M., Usmeldi, U., & Fauzi, A. (2024). Meta-analysis pengaruh pembelajaran ipa terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Nautical: Jurnal Ilmiah …, 2(10). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/1078%0Ahttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/1078/806
Noor, T. A., Julkarnaen, R. H., & Febriani, W. D. (2024). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(4), 46–56. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i4.4036
Ridwansyah, E. P., Santosa, A. B., & Wiliam, N. (n.d.). Pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep sains perubahan wujud benda siswa sekolah dasar. 11, 25–35. https://doi.org/10.55933/jpd.v11i1.737
Sakinah, T. A., Alya, R., & Azim, A. (2025). Pemikiran Modern Tentang Pendidikan. 3.
Siagian, S. P., & Darwis, U. (2022). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV Sd Negeri 105351 Bakaran Batu. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 8(1), 28–35. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v8i1.2326
Sihotang, T. H., & Sari, M. (2025). PENGARUH MEDIA KIPAS (KINCIR ANGIN PANEL SURYA) TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BARU MALAYSIA. 10.
Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Kelas V Sd. Pendidikan, III(2), 29.
Ulviah, L. (2023). Studi Literatur Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 6(3), 589–595. https://jurnal.uns.ac.id/shes