IMPLEMENTASI VIDEO ANIMASI BERBASIS BUDAYA MELAYU MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SDN 161 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Yulia Rosa
Jesi Alexander Alim
Erlisnawati Erlisnawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan video animasi berbasis budaya melayu berbasis budaya melayu materi geometri dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa SDN 161 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu penelitian yang menggunakan dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan menggunakan video animasi berbasis budaya melayu dan kelas kontrol mendapatkan perlakuan pembelajaran tanpa menggunakan video animasi berbasis budaya melayu. Penelitian ini memberikan pretest sebelum mendapatkan perlakuan dan memberikan posttest sesudah mendapatkan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yang telah peneliti lakukan, diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) uji t-test nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,026. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan nilai signifikansi 0,026 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh hasil 0,45 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan video animasi berbasis budaya melayu.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rosa, Yulia, Jesi Alexander Alim, dan Erlisnawati Erlisnawati. “IMPLEMENTASI VIDEO ANIMASI BERBASIS BUDAYA MELAYU MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SDN 161 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1118–1126. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2701.
Bagian
Artikel

Referensi

Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020, February). Model of Geometry Realistic Learning Development with Interactive Multimedia Assistance in Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1471, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.

Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2019). Interactive Multimedia in Learning 2-Dimensional Gemoetric Shapes in Elementary School. Prosiding CELSciTech, 4, 51-53.

Alim, J. A., Hermita, N., Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., ... & Arnawa, I. M. (2020, October). Development of learning flow for KPK based on interactive multimedia assisted RME based on students PGSD UNRI. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1655, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Oktaviani, C., Alim, J. A., Antosa, Z., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Audible Books Berbasis Etnomatematika sebagai Media Literasi untuk Siswa di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2464.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.