PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS

Isi Artikel Utama

Abdul Mumin Sa’ud
Nuriyah Puadah
Yuni Indriyani

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dan terbatasnya penggunaan media digital interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project based learning (PjBL) berbantuan media Canva terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL berbantuan media Canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independent untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi setelah penerapan model PjBL dengan bantuan media Canva. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL berbantuan media Canva dapat meningkatkan partisipasi aktif, kreativitas, dan pemahaman konsep peserta didik secara lebih kontekstual. Dengan demikian, model Project based learning berbantuan media Canva dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sa’ud, Abdul Mumin, Nuriyah Puadah, dan Yuni Indriyani. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3905–3908. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3520.
Bagian
Artikel

Referensi

Erisa, R., Hadiyanti, P., & Saptoro, D. (2021). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 56–64.

Hayati, F. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Jurnal Media Pembelajaran, 12(2), 11–18.

Kurnia, D., & Sunaryati, T. (2023). Efektivitas Media Canva dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(3), 1355–1362.

Nurkomala, S., Yuliana, D., & Sari, M. (2024). Pengaruh Model PjBL Berbantuan Media Canva terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 10386–10390.