PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, DAN EXTENDING (CORE) PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS 5 DI MI AL-MUHDHARIYAH NO.07 TOKKE KABUPATEN LUWU UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas V di MI Al-Muhdhariyah No.07 Tokke, Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan divalidasi oleh ahli materi, media, serta bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul berada pada kategori “layak digunakan dengan revisi ringan”. Implementasi modul menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata 61,49 sebelum penggunaan modul menjadi 81,24 setelah penerapan. Seluruh siswa berhasil mencapai KKM (100%), dan respon guru serta siswa menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Dengan demikian, modul ajar berbasis model CORE terbukti efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar IPAS serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Any Isroaty, Sunardi, Nurcholif Diah Sri Lestari, Didik Sugeng Pambudi, Dian Kurniati. 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Core Dengan Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(1): 1141–54.
Hasriani, Baderiah, Bungawati, Wiratman, Arwan. 2024. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Tema Selamatkan Makhluk Hidup.” Indo-Mathedu Intellectuals Journal 5(2): 1432–40.
Kaharuddin, Saiful, Rusli Malli, And Dahlan Lamabawa. 2024. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Muhammadiyah.” Polyscopia 1(3): 91–100. Doi:10.57251/Polyscopia.V1i3.1354.
Kaso, N, And E Rahmadani. 2023. “E-Modul Pendidikan Karakter Berciri Kearifan Lokal Berbantuan Aplikasi Sigil Sebagai Inovasi Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa.” Jurnal Sinestesia 13(2): 1001–12. Https://Www.Sinestesia.Pustaka.My.Id/Journal/Article/View/433.
Magdalena, Ina, Amalita Aziah Septiarini, And Siti Nurhaliza. 2020. “Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat.” Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2): 241–65.
Nugroho, Sigit Galih. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Di Smp Negeri 206 Jakarta.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 2(1): 84–93. Doi:10.21009/Jrpmj.V2i1.12128.
Qolbu, N. S., & Astri Sutrisnawati, A. R. A. 2022. “Pengembangan Media Animus Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(6): 1034–10350.
Rahayu, Sri, Wibi Wijaya, Trina Febriani, And Yanti Sri Wahyuni. 2022. “Kiat Membuat Pembelajaran Ips Terpadu Model Connected Bagi Guru Di Sekolah Dasar.” Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 10(2): 191–202. Doi:10.15548/Turast.V10i2.4796.
Sugiyono, Dr. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”
Suryani, Lilis, Muhammad Kadri, And Arwan Wiratman. 2024. “Pengembangan Peta 3d Berorientasi Kearifan Lokal Sulawesi Selatan Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4(1): 84–95. Doi:10.51574/Jrip.V4i1.1131.