PENERAPAN METODE GAMIFIKASI BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI DATUK SULAIMAN PALOPO

Isi Artikel Utama

KamaRudin
Lilis Suryani
Ahmad Munawir

Abstrak

Skripsi ini membahas penerapan metode gamifikasi berbantuan flashcard untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV A. Pada kondisi awal, terlihat adanya kurangnya minat belajar yang tercermin dari perilaku siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode gamifikasi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV A di MI Datuk Sulaiman Palopo. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode gamifikasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata minat belajar siswa, yaitu dari 71,44% pada Siklus I menjadi 90,73% pada Siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode gamifikasi berbantuan flashcard sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta minat belajar siswa di kelas IV A MI Datuk Sulaiman Palopo.


Kata Kunci: Minat Belajar, Media Flashcard, Metode Gamifikasi.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
KamaRudin, KamaRudin, Lilis Suryani, dan Ahmad Munawir. “PENERAPAN METODE GAMIFIKASI BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI DATUK SULAIMAN PALOPO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 15, 2025): 5054–5072. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3301.
Bagian
Artikel

Referensi

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Prenamedia Grup

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Winataputra. 2018. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup

Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: Ar-Ruzz media.

Arafat. 2018. Pembelajaran PPKn. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: penerbit gava media

Dwi Novita Sari and Ahmad Rifqy Alfiyan, “Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) Dalam Pembelajaran Untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review,” UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2023): 43–52, https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i1.3157.

Muhammad Agil Amin, “Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Nilai- Nilai Religiusitas Siswa Di MTs Al-Muhaimin Palopo,” INCARE, International Journal of Educational Resources 3, no. 4 (2022): 400–408, http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/502.

Pitria Pitria, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Keadaan Alam Negara-Negara Di Dunia Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas Ix.5 Smpn 1 Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,” Inovasi Pendidikan 9, no. 1 (2022): 50–61, https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3277.

Lilis Suryani, “Pengelolaan Pembelajaran IPS Melalui Model Talking Stick Di Kelas IV SD 170 Putemata Luwu Utara,” Refleksi 12, no. 4 (2024): 287–96, https://p3i.my.id/index.php/refleksi.

Nur Firqa Najiah, Nur Fakhrunnisaa, and Amir Faqihuddin Assafari, “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Web Kelas XIPA Di SMAN 1 Enrekang,” Islamika 6, no. 3 (2024): 699–711, https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.4632.

R. E. Slavin, “Cooperative Learning,” International Encyclopedia of Education, Third Edition, 2009, 177–83, https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00494-2.s

Melly Azzahra, “Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial,” PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) 2, no. 3 (2023): 32175–81, https://doi.org/10.61721/pendis.v1i3.264.

Ahmad Munawir, “Pengembangan Model pembelajaran (predict-discuss-explain-obseve-discuss) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.”

Muh Thoriq, Aziz Kusuma, and Fauzi Muharom, “Transformasi Peran Pendidik Dan Tren Pembelajaran Digital Di Era Teknologi” 1, no. 2 (2024): 84–97.